Bazar UMKM Jakarta Timur Masuk Rekor MURI, Terbesar & Terbanyak

Jumat, 23 Juni 2023 – 10:28 WIB
Bazar Jakarta Timur. Foto: source for JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Upaya Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah atau Subdin PPKUKM Jakarta Timur berbuah manis.

PPKUKM telah melakukan kurasi sebanyak 1.950 peserta UMKM binaan dalam rangka HUT ke-496 DKI Jakarta.

BACA JUGA: Bazar Sembako Murah dari Sukarelawan Sandiaga Bantu Ringankan Beban Ekonomi Warga

Proses kurasi yang memakan waktu hampir satu minggu akhirnya selesai untuk mempersiapkan semua peserta serentak dalam kegiatan bazar Jakarta Entrepreneur pada 22-23 Juni 2023. 

Pelaksanaan bazar serentak di sepuluh kecamatan dan satu kota ini menampilkan binaan enam OPD Pengampu dan PKK se Jakarta Timur sebanyak 1.950 peserta dengan fasilitas 970 tenda bazar yang akan dipasang di 64 kelurahan dan satu kota.

BACA JUGA: Yayasan Harapan Kita Segera Optimalisasi Lahan dan Aset di Jakarta Timur

Menurut Kepala Suku Dinas PPKUKM wilayah Jakarta Timur Melinda Sagala, bazar seperti ini rutin diadakan, tetapi khusus untuk pelaksanaan sebanyak ini baru pertama kali.

Kecamatan yang akan ikut serta dalam perhelatan bazar ini adalah Kecamatan Cakung, Kecamatan Ciracas, Kecamatan Pulo Gadung, Kecamatan Matraman, Kecamatan Jatinegara, Kecamatan Makasar, Kecamatan Cipayung, Kecamatan Duren Sawit, Kecamatan Pasar Rebo, Kecamatan Kramat Jati dan Kota Cakung.

BACA JUGA: Modal Rakyat Hadirkan Fasilitas Kredit UMKM Melalui Jaringan Vexanium

Melinda menuturkan bahwa bazar kali ini akan banyak sekali kolaborator yang memeriahkan.

Selain itu juga ada yang unik di dalam proses pembinaan pada para UMKM, yakni dukungan penuh pemerintah pusat dalam bidang transformasi digitalisasi.

"Bazar ini menerapkan cashless dengan metode QRIS payment," ujar Melinda.

Para UMKM yang terlibat juga sudah dilengkapi dengan BPJS ketenagakerjaan.

UMKM yang tergabung dalam bazar HUT ke-496 DKI ini mengadakan penjualan secara maraton dari 22 Juni sampai 23 Juni dengan produk produk unggulan seperti makanan kemasan, fashion dan craft yang sudah terlebih dulu menjalani proses kurasi yang sangat
ketat dari Sudin PPKUKM wilayah Jakarta Timur.

Pemerintah Kota Jakarta Timur pun meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia atar MURI untuk kategori bazar terbesar dengan peseta terbanyak, yakni 1.950 pelaku UMKM yang tersebar di 64 titik Jakarta Timur.

Penghargaan terkait bazar terbesar dengan peserta terbanyak ini akan dilaksanakan di kantor Wali Kota Jakarta Timur.

Masyarakat Jakarta Timur diharapkan menjadikan bazar kali ini menjadi pesta rakyat dan mendukung dengan membeli produk dari para UMKM.

"Sudah saatnya para UMKM DKI Jakarta yang tergabung dalam Jakarta Entrepreneur, menjadi UMKM yang tangguh dan naik kelas sehingga memang slogan Sukses Jakarta untuk Indonesia benar menjadi slogan yang berarti," ujar Kepala Dinas PPKUKM Ratu Rante Allo.

"Dengan banyaknya pelatihan UMKM, bazar menjadi salah satu implementasi dari pelatihan untuk menghadapi era global dan bersaing di pasar," imbuh Ratu. (*/jpnn)


Redaktur & Reporter : Mufthia Ridwan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Rekor Muri   bazar UMKM   Bazar   UMKM  

Terpopuler