BAZNAS Terima Zakat Perusahaan Rp 5,4 Miliar dari MBK Ventura

Jumat, 03 November 2023 – 08:55 WIB
BAZNAS Terima Zakat Perusahaan Rp 5,4 Miliar dari MBK Ventura. Foto: Humas Baznas

jpnn.com, JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menerima penyaluran zakat perusahaan dari PT Mitra Bisnis Keluarga Ventura sebesar Rp 5.437.496.250.

Bantuan tersebut ditujukan untuk mengoptimalkan program-program BAZNAS dalam upayanya memberi kesejahteraan kepada mustahik.

BACA JUGA: Hadir di ISEF 2023, BAZNAS Buka Layanan Konsultasi Zakat

Ketua BAZNAS KH. Noor Achmad mengatakan zakat perusahaan yang ditunaikan ini sangat bermanfaat bagi program-program dalam pengentasan kemiskinan di Indonesia.

"Khususnya dalam pengentasan kemiskinan ekstrem dan stunting," ujar Kiai Noor, dalam keterangannya, Jumat (3/11).

BACA JUGA: Pengelolaan ZIS Indonesia Jadi Acuan Pengaturan Zakat Global

Kiai Noor mengungkapkan berbagai program pemberdayaan dan pengentasan kemiskinan, seperti Rumah Sehat BAZNAS, Beasiswa Cendekia, Santripreneur, Microfinance Desa (BMD), serta lainnya.

Sebagai contoh, BAZNAS memberikan beasiswa bagi santri-santri kelas 3 Aliyah yang tergolong miskin, masing-masing diberikan bantuan Rp 6 juta untuk mengikuti kursus Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

BACA JUGA: BAZNAS Kirim Ribuan Bantuan Kemanusiaan untuk Warga Palestina

"Alhamdulillah semua masuk PTN bahkan luar negeri. Ini merupakan percepatan, sehingga setelah kuliah mudah-mudahan mereka menjadi muzaki," tutur Kiai Noor.

Kiai Noor juga memastikan, dana zakat perusahaan ini akan disalurkan secara tepat sasaran dan mengedepankan prinsip 3A (Aman Syar'i, Aman Regulasi, Aman NKRI).

Sementara itu, Presiden Direktur PT MBK Ventura Shafiq Dhanani mengatakan bantuan ini bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan di Indonesia melalui pembiayaan syariah kepada kelompok perempuan yang memiliki usaha produktif.

"Mudah-mudahan dana zakat perusahaan yang kami tunaikan bisa mengurangi kemiskinan di Indonesia serta memberikan keberkahan bagi perusahaan," ujar Shafiq.

PT MBK Venture juga mendapat labet Taat Zakat dari BAZNAS. Label ini membuktikan bahwa perusahaan telah taat menunaikan zakatnya. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler