BCA Life & Yayasan Lindungi Hutan Tanam 1.500 Mangrove di Karawang

Rabu, 16 Oktober 2024 – 09:57 WIB
Presiden Direktur & Chief Executive Officer (CEO) BCA Life, Christine Setyabudhi (kanan). Foto dok. BCA Life

jpnn.com, JAKARTA - PT Asuransi Jiwa BCA (BCA Life) melanjutkan 10 tahun komitmennya terhadap keberlanjutan lingkungan dan masyarakat.

Tahun ini anak perusahaan dari PT Bank Central Asia Tbk (BCA) tersebut kembali berkolaborasi dengan Yayasan Lindungi Hutan dalam penanaman 1500 pohon mangrove di Pesisir Pantai Tangkolak, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. 

BACA JUGA: ASDP Tanam 3 Ribu Bibit Mangrove di Tangerang, Wujud Komitmen Jaga Kualitas Perairan

"Aktivitas ini merupakan bagian dari kampanye "1 POLIS = 1 POHON", yang merupakan implementasi salah satu pilar Environment, Social, & Governance (ESG) untuk ekonomi keuangan berkelanjutan Indonesia, " tutur Presiden Direktur & Chief Executive Officer (CEO) BCA Life, Christine Setyabudhi dalam pernyataan resminya dikutip Rabu (16/10). 

Penanaman ini merupakan realisasi atasi inisiatif BCA Life dalam rangka Hari Bumi Nasional 2024 melalui kampanye "1 POLIS = 1 POHON" yang sudah dilaksanakan sepanjang April hingga Juli 2024. 

BACA JUGA: Tunjukkan Kepedulian Lingkungan, PT Nippisun Tanam 5 Ribu Pohon Mangrove di Bekasi

Melalui kampanye ini, ujarnya, nasabah diajak untuk melindungi masa depan keluarga dan juga bumi kita, di mana setiap pembelian polis beberapa produk  individu BCA Life berarti juga menyumbangkan 1 pohon mangrove. 

Kegiatan ini sejalan dengan kewajiban yang diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) No.51/POJK.03/2017 tentang penerapan keuangan berkelanjutan bagi lembaga jasa keuangan, emiten, dan perusahaan publik. 

BACA JUGA: Realisasikan TJSL, Pelindo Gelar Kick Off Rehabilitasi Mangrove 2024

"Aturan ini menekankan bahwa setiap perusahaan memiliki tanggung jawab untuk mengintegrasikan prinsip keberlanjutan dalam operasional bisnisnya," ucapnya. 

Lebih lanjut dikatakan, dengan berpedoman pada POJK tersebut, BCA Life terus melakukanl langkah nyata dalam mendukung ekonomi berkelanjutan di Indonesia. Langkah ini merupakan wujud nyata tanggung jawab kepada lingkungan sekaligus mendukung keberlanjutan bisnis jangka panjang. 

Kampanye ini tidak hanya bertujuan untuk mitigasi perubahan iklim dan pelestarian ekosistem pesisir, tetapi juga memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat lokal.

“Program penanaman pohon ini tidak hanya bagian dari tanggung jawab lingkungan kami, tetapi juga implementasi nyata dari kewajiban kami terhadap keberlanjutan," ucapnya.

Christine mengatakan kolaborasi pada penanaman mangrove di kawasan pesisir Tangkolak, Kabupaten Karawang, Jawa Barat ini diharapkan bisa memberikan dampak positif bagi lingkungan, termasuk mengurangi abrasi pantai, menyerap polusi udara, serta menciptakan keanekaragaman hayati dengan menyediakan habitat bagi hewan laut kecil. 

"Program ini tidak hanya penting bagi konservasi lingkungan, tetapi juga dapat mendukung kehidupan masyarakat pesisir melalui pelestarian ekosistem berkelanjutan," pungkasnya. (esy/jpnn) 


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler