Tunjukkan Kepedulian Lingkungan, PT Nippisun Tanam 5 Ribu Pohon Mangrove di Bekasi

Kamis, 26 September 2024 – 19:58 WIB
PT Nippisun Indonesia menggelar penanaman 5 ribu pohon mangrove di pesisir pantai Kampung Muara Bakti, Desa Pantia Sederhana, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Sabtu (21/9). Foto: Source for jpnn

jpnn.com, KABUPATEN BEKASI - Ikhtiar PT Nippisun Indonesia dalam mendukung aksi sosial masyarakat dan lingkungan hidup melalui kegiatan CSR terus digencarkan. Kali ini, PT Nippisun bersama masyarakat menggelar penanaman 5 ribu pohon mangrove di pesisir pantai Kampung Muara Bakti, Desa Pantia Sederhana, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi.

Tokoh Pembangunan Kecamatan Muara Gembong Dani Ramdan mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi bantuan Nippisun dalam penanaman ini, yang di mana dilakukan sudah dua kali dari tahun ke tahun.

BACA JUGA: Tangani Masalah Lingkungan, LPPM Trisakti Jalin Kerja sama dengan PKK

"Kami apresiasi dari tahun kemarin, kita mengikuti penanaman 5 ribu pohon mangrove," kata Dani dalam sambutannya di acara penanaman pohon itu pada Sabtu (21/9).

Dani menilai masih ada warga Bekasi yang kurang memperhatikan isu kelestarian lingkungan. Dani menyampaikan pohon mangrove saat ini semakin sedikit sehingga mengancam biota laut dan terjadinya abrasi pantai.

BACA JUGA: Tisu Bambu Putih Jadi Solusi Ramah Lingkungan dan Bebas Klorin untuk Perawatan Kulit

"Tetapi Nippisun dan masyarakat di sini telah berjuang sejak tahun lalu sudah menanam sekitar 5 ribu pohon manggrove dan hari ini kedua akan ditanam lagi sebanyak 5 ribu pohon mangrove dan ke depan juga ditanam lagi sehingga hutan mangrove kita bisa pulih lagi, bisa berfungsi maksimal sebagai greenbelt ataupun pengaman jalur hijau Kabupaten Bekasi," kata dia.

Menurut dia, hutan mangrove berfungsi sebagai pabrik oksigen untuk menetralisasi pencemaran udara dari pabrik-pabrik yang ada di Kabupaten Bekasi dan sekitarnya.

BACA JUGA: Ini Botol Susu Pertama di Indonesia yang Ramah Lingkungan, Bayi Nyaman

Perwakilan dari PT Nippisun Yogi Ferdinan mengatakan perusahaan sangat peduli untuk mendorong kelestarian lingkungan dan kemandirian ekonomi masyarakat di Kabupaten Bekasi.

Sebelum menggelar aksi penanaman pohon ini, PT Nippisun juga membantu masyarakat dengan membuat edukasi barista, memasak kue, dan ternak. Menurut dia, tenaga kerja warga setempat harus diubah pola pikirnya dari pekerja menjadi pengusaha.

"Kami ingin mengubah mindset generasi muda  saat ini kesempatan untuk bekerja di Perusahaan-perusahaan terbatas, tetapi lulusan sekolah setiap tahun banyak jumlahnya. Jadi, kami ingin mindsetnya berubah bukan hanya bekerja di pabrik, tetapi bagaimana supaya bisa bikin usaha sendiri," jelas Yogi.

Dalam penanaman pohon mangrove ini, Yogi menyampaikan bahwa PT. Nippisun Indonesia ingin berkontribusi dalam kepedulian lingkungan dan pencegahan pemanasan global khususnya di wilayah kabupaten Bekasi. Dan semua ini dapat terwujud berkat kerja sama dengan seluruh masyarakat Kabupaten Bekasi khususnya Desa Pantai Sederhana, Kecamatan Muara Gembong dan sinergi dengan Pemda Kab. Bekasi.

"Alhamdulillah, kita sudah dua kali melakukan penanaman pohon mangrove, tahun kemarin dan tahun sekarang," tegas dia.

Dalam acara ini, hadir Presiden Direktur PT. Nippisun Indonesia Nobuyuki Imura, Pengelola Saung Alas Subarma, Pendiri Sekolah Alam Prasasti Komarudin Ibnu Mikam, warga sekitar Saung Alas, hingga perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Pemkab Bekasi. (tan/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menteri LHK Singgung Kepemimpinan Hijau Demi Kesehatan Lingkungan


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler