Bea Cukai Ambon Layani Ekspor Perdana 6,16 Ton Katsuobushi ke Korea Selatan

Rabu, 09 Oktober 2024 – 15:26 WIB
Bea Cukai Ambon melayani ekspor perdana ikan kayu (katsuobushi) milik UD Rizky Fattah Katsuo Maluku Barokah ke negara tujuan Korea Selatan pada Sabtu (5/10). Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, AMBON - Bea Cukai Ambon melayani ekspor perdana ikan kayu (katsuobushi) milik UD Rizky Fattah Katsuo Maluku Barokah ke negara tujuan Korea Selatan pada Sabtu (5/10).

Ekspor ini menyumbang devisa ekspor sebesar USD 36.960 atau sekitar Rp 578 juta.

BACA JUGA: Bea Cukai Surakarta Tambah Penerima Fasilitas KITE IKM, Ini Tujuan dan Harapannya

Komoditas ekspor ikan kayu dengan berat total 6,16 ton ini dimuat ke dalam kontainer dengan ukuran 20 feet dengan pelabuhan muat asal Ambon yang nantinya diangkut ke pelabuhan muat ekspor Tanjung Perak menuju Incheon, Korea Selatan.

Ekspor perdana katsuobushi ini dapat terlaksana berkat kolaborasi, sinergi, dan kordinasi beragam pihak, seperti Bea Cukai, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku.

BACA JUGA: Lepas Ekspor 137,5 Ton Tepung Rumput Laut, Bea Cukai Parepare Sampaikan Hal Ini

Selain itu Balai Karantina Ikan Hewan dan Tumbuhan Maluku, Badan Pengendalian dan Pengawasan Mutu Hasil Kelautan dan Perikanan Maluku, dan lainnya.

Kepala Kantor Bea Cukai Ambon M. Farid Irfan mengatakan dengan adanya ekspor ini diharapkan hasil laut di Indonesia Timur khususnya Maluku, seperti ikan kayu dapat menjadi komoditas ekspor unggulan.

BACA JUGA: Hadiri Peresmian PLBN Terpadu Long Nawang, Bea Cukai Tarakan Sampaikan Komitmen Ini

Harapan lainnya dapat meningkatkan potensi pendapatan daerah dan membuka lapangan kerja baru dan menyejahterakan masyarakat.

"Melalui tim dukung ekspor dan klinik ekspornya, Bea Cukai Ambon siap memberikan asistensi dan dukungan kepada pelaku UMKM untuk dapat melakukan ekspor serta menembus pasar Internasional," ujar Farid.

Katsuobushi merupakan makanan awetan berbahan baku ikan cakalang (katsuo).

Katsuobushi merupakan bahan dasar masakan Jepang dan biasanya ditaburkan di atas hiyayako (tahu dingin), okonomiyaki dan takoyaki.

Bahan dasar makanan ini kaya dengan vitamin B kompleks dan banyak mengandung inosine dan unsur umami sehingga selalu digunakan sebagai bumbu dapur atau penyedap.

Nilai ekonominya yang tinggi membuat Katsuobushi banyak dilirik di pasar internasional, salah satunya di negara Korea Selatan. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler