Bea Cukai Beri Perhatian UMKM Calon Eksportir

Rabu, 02 Desember 2020 – 23:30 WIB
Bea Cukai berkolaborasi dengan PT AeXI meningkatkan peran UMKM. Foto: Humas Bea Cukai.

jpnn.com, TANGERANG - Kolaborasi Bea Cukai Soekarno-Hatta dan PT Andalan Ekspor Indonesia (AeXI), menggalakkan ekspor produk UMKM sudah memasuki tahapan eksekusi sejak digagas awal 2020.

Salah satu rangkaian program percepatan ekspor ini adalah pelatihan dan asistensi terhadap UMKM calon eksportir, di Export Hub Kantor PT AeXI, Tangerang, Banten, November 2020 lalu.

BACA JUGA: Kunjungi Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta, Bamsoet Dorong Ekspor Produk UMKM

Sebanyak 20 peserta yang terdiri dari pelaku UMKM, petani, dan nelayan di Banten, diberikan berbagai materi pelatihan.

Misalnya, edukasi mengenai strategi pemasaran global, peningkatan SDM, peran perbankan dan perjanjian penanaman modal, regulasi dan aturan terkait ekspor, serta pemilihan logistik dan pendistribusian yang efektif.

BACA JUGA: Bea Cukai Soekarno Hatta Dukung Produk UMKM Tembus Pasar Internasional

Selain itu, para peserta juga mendapatkan asistensi untuk tiap produk yang diunggulkan masing-masing pelaku UMKM.

Asistensi yang diberikan dalam bentuk pengambilan gambar produk dan penyusunan narasi dan deskripsi produk.

BACA JUGA: Bea Cukai Rangkul Pelaku Usaha Demi Pulihkan Ekonomi Nasional Melalui Ekspor

Hasil foto beserta narasi tersebut nantinya akan diunggah pada platform penjualan daring internasional.

Direktur PT AeXI Lutpi Ginanjar mengajak Kepala Kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta Finari Manan, yang didampingi Kepala Bidang Pelayanan dan Fasilitas Pabean dan Cukai (PFPC) II selaku Ketua Tim Percepatan Ekspor Purnomo, dan Kepala Bidang Kepatuhan Internal dan Layanan Informasi Irwan Djuhais berkeliling melihat proses pelatihan yang tengah berlangsung.

Selain itu, tim juga diajak meninjau proses pengambilan gambar produk dengan menggunakan kamera beresolusi tinggi, dan galeri produk UMKM yang beberapa di antaranya sudah berhasil menciptakan pasar nasional dan menembus ranah ekspor.

Finari mengatakan kualitas produk, baik olahan makanan maupun pakaian hasil keterampilan tangan lokal, tidak kalah dengan kualitas di luar negeri.

"Dengan adanya pelatihan dan asistensi seperti ini dan tentunya ada layanan fasilitas dari Bea Cukai, maka ekspor produk UMKM dalam jangka panjang sangat bisa diwujudkan,” ujar Finari.

Adanya peran aktif pemerintah, dalam hal ini Bea Cukai Soekarno-Hatta yang bekerja sama dengan PT AeXI dan para pelaku UMKM, adalah bentuk nyata dalam mendukung program pemulihan ekonomi nasional (PEN). (*/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Bea Cukai   UMKM  

Terpopuler