Bea Cukai Jalankan Asistensi Industri Melalui Customs Visit Customers

Rabu, 17 November 2021 – 22:56 WIB
Bea Cukai gencar melaksanakan Customs Visit Customers dengan mengunjungi sejumlah perusahaan atau pelaku usaha. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai secara konsisten membangun hubungan baik dengan para pelaku usaha, salah satu melalui kegiatan customs visit customers (CVC).

Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai menyampaikan program CVC bertujuan mendekatkan para pelaku usaha dengan Bea Cukai.

BACA JUGA: Penyelundupan Miras Ilegal Berhasil Digagalkan Berkat Info dari Singapore Customs

"Melalui program ini juga sebagai upaya mencari tahu permasalahan yang ada di lapangan yang dihadapi pelaku usaha, dan menggali potensi para pelaku usaha untuk melakukan ekspor,” kata Firman, Rabu (17/11).

Seperti dilakukan Bea Cukai Bengkalis melaksanakan CVC ke pengguna jasa di wilayah pengawasan Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau.

BACA JUGA: Bea Cukai Gencarkan Customs Visit Customers, Bantu Perusahaan yang Hadapi Kendala

Melalui kegiatan ini, pengguna jasa dapat lebih leluasa dalam menyampaikan pendapat dan tantangan yang terjadi di lapangan.

Di Bandung, Bea Cukai melaksanakan CVC ke PT Hana Master Jaya yang merupakan salah satu pengguna jasa kawasan berikat.

BACA JUGA: Customs Visit Customers, Cara Bea Mengenali Proses Bisnis Para Pelaku Usaha

Perusahaan yang bergerak di industri elektronik dengan memproduksi mesin ketik listrik, komponen lampu untuk otomotif, sampai audio berlokasi di Kabupaten Bandung Barat.

Di Kalimantan Selatan, Bea Cukai Banjarmasin juga menjalankan peran industrial assistance dengan mengunjungi ke beberapa Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) yang bergerak di bidang alat berat pertambangan yang berada di wilayah Banjarmasin dan sekitarnya.

Dalam kunjungan tersebut, Bea Cukai memaparkan fasilitas pusat logistik berikat yang diharapkan dapat memangkas waktu dan biaya pemenuhan kebutuhan alat berat dan spare parts oleh pelaku usaha.

Kantor Bea Cukai Wilayah Jakarta juga mengadakan diskusi langsung dengan PT Komatsu Marketing and Support Indonesia.

Selama menjadi stakeholders Bea Cukai, PT KMSI telah meraih sejumlah penghargaan, seperti penghargaan sebagai TPB Terpatuh 2020 dan nomine kontribusi pembayar bea masuk terbesar oleh KPPBC TMP A Jakarta, serta penghargaan Importir AEO Terbaik 2021 dari KPU Bea Cukai Tanjung Priok.

Kantor Bea Cukai Wilayah Jakarta membuka kesempatan sebesar-besarnya bagi para pelaku usaha untuk berkomunikasi untuk dapat menyampaikan permasalahan mengenai layanan kepabeanan dan cukai terutama di tengah reformasi yang sedang dijalankan Bea Cukai untuk menjadi institusi yang makin baik.

Firman menambahkan kegiatan CVC juga merupakan salah satu perwujudan dari Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“PEN merupakan langkah strategis kebijakan pemerintah Indonesia dalam menanggulangi permasalahan ekonomi dalam negeri yang disebabkan oleh pandemi Covid-19,” jelasnya. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler