Bea Cukai Jalankan Kegiatan Customs Visit Customer, Ini Tujuannya

Rabu, 30 Agustus 2023 – 19:03 WIB
Bea Cukai memiliki program customs visit customer (CVC) yang dilakukan secara rutin dengan melakukan kunjungan kepada stakeholder. Foto: dok Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai memiliki program customs visit customer (CVC) yang dilakukan secara rutin dengan melakukan kunjungan kepada stakeholder.

Hal itu dilakukan untuk menjalin komunikasi serta mengetahui lebih dalam mengenai proses bisnis.

BACA JUGA: Bea Cukai Malang Kembali Gagalkan Peredaran Rokok Ilegal, Jumlahnya Banyak Banget!

Sesuai dengan tugas dan fungsi instansi sebagai Industrial Assistance, yaitu asistensi serta mengawasi perkembangan kegiatan industri.

Kasubdit Hubungan Masyarakat dan Penyuluhan, Encep Dudi Ginanjar mengungkapkan kegiatan CVC merupakan Langkah Bea Cukai untuk terus memperkuat sinergi dengan stakeholder guna memberikan pelayanan yang makin baik.

BACA JUGA: Tak Penuhi Izin Impor, Bea Cukai Tanjung Perak Musnahkan Beragam Barang Ilegal

“Bea Cukai senantiasa berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan yang maksimal, dengan kegiatan ini kami berharap dapat mengetahui secara langsung kebutuhan stakeholder dan masalah yang dihadapi sehingga bersama-sama kita dapat mengatasinya,” kata Encep.

Kamis (24/8), Bea Cukai Bogor melakukan kunjungan kerja ke PT Givaudan Indonesia yang terletak di Cimanggis, Depok.

BACA JUGA: Dorong Ekspor, Bea Cukai Siap jadi Mitra Strategis UMKM

PT Givaudan Indonesia adalah perusahaan penerima fasilitas AEO dan pengguna fasilitas pembebasan cukai etil alkohol yang bergerak di bidang flavors dan fragrances asal Swiss. Mereka memproduksi bahan baku perisa dan wewangian dalam bentuk cairan, bubuk, spray, dan essens.

Perusahaan ini menerapkan prinsip-prinsip AEO seperti faktor kepatuhan terhadap peraturan kepabeanan, sistem pengelolaan data perdagangan, kemampuan keuangan, dan berbagai faktor keamanan baik kargo, lokasi hingga mitra dagang.

Sementara itu, Bea Cukai Probolinggo juga melaksanakan CVC ke CV Gudang Hasil Berkah, CV Triloka, dan PT Unggul Makmur Sejahtera.

Pada kunjungan ini dilaksanakan sharing session produktif terutama proses bisnis terkait dengan kepabeanan dan cukai.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan sinergi dengan pengguna jasa dan sebagai bahan evaluasi pelayanan Bea dan Cukai Probolinggo.

Dalam membangun kerja sama yang lebih baik antara Bea Cukai dengan stakeholder, Bea Cukai Tanjung Emas kembali mengadakan kegiatan CVC pada Selasa (22/8).

Kegiatan yang dilaksanakan di Prambanan Factory PT Sarihusada Generasi Mahardika ini sekaligus merupakan salah satu bentuk aktualisasi salah satu fungsi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai sebagai industrial assistance. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dorong Kinerja Pelaku Usaha, Bea Cukai Terbitkan Fasilitas Kawasan Berikat di Sulsel


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler