Bea Cukai Menjalin Sinergi Mendorong Ekspor Daerah 

Jumat, 30 Juli 2021 – 15:15 WIB
Tim Klinik Ekspor Bea Cukai Gresik yang diwakili Kepala Seksi Kepabeanan dan Cukai V Eko Rudi Hartono bersama Ketua DPRD Gresik Moh Abdul Qodir, dan Wakil Ketua Komisi II M Syahrul Munir, melaksanakan kunjungan ke UMKM produksi mangga di Desa Gedangan, Kecamatan Sidayu, Kamis (29/7). Foto: Bea Cukai.

jpnn.com, JAKARTA - Tim Klinik Ekspor Bea Cukai Gresik yang diwakili Kepala Seksi Kepabeanan dan Cukai V Eko Rudi Hartono bersama Ketua DPRD Gresik Moh Abdul Qodir, dan Wakil Ketua Komisi II M Syahrul Munir, melaksanakan kunjungan ke UMKM produksi mangga di Desa Gedangan, Kecamatan Sidayu, Kamis (29/7). 

Tim Klinik Ekspor memberi asistensi kepada para pelaku UMKM. 

BACA JUGA: Bea Cukai Denpasar Tingkatkan Kesejahteraan Petani dengan Klinik Ekspor

Kali ini diberikan kepada produsen mangga dengan melakukan sosialisasi dan asistensi modul ekspor. 

Eko menjelaskan mangga Gresik tidak serta merta bisa langsung dijadikan produk ekspor.

BACA JUGA: Jenderal Andika Tutup Pendidikan Taruna Akmil, Inilah Sosok Peraih Adhi Makayasa dan Anindya Wiratama 2021

Nantinya, kata dia, produk ini harus mengantongi izin dari instansi terkait. 

Salah satunya dari Balai Karantina, karena merupakan produk hasil tumbuhan.

BACA JUGA: Bea Cukai Komitmen Wujudkan KIHT 

“Salah satu fungsi pendampingan ini untuk memfasilitasi para UMKM agar tahu langkah-langkah yang dibutuhkan untuk ekspor,” ujar Eko.

Selain itu, Moh Abdul Qodir memberikan apresiasi kepada Bea Cukai berupa piagam penghargaan atas pelayanan dan pembinaan kepada UMKM unggulan Gresik sehingga bisa ekspor.

Diharapkan dengan adanya sinergi antarinstansi ini, UMKM dapat merambah ke kancah internasional dengan kualitas yang tidak kalah saing dengan produk negara lain.

Sementara, Bea Cukai Labuan Bajo turut menggali potensi ekspor melalui program ‘Gerakan Flores Mengekspor’ dalam rangka mendukung program pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Bea Cukai Labuan Bajo mendapat kunjungan dari General Manager PT Garuda Indonesia cabang Labuan Bajo, Ahmad Ihsan Wartadiredja untuk melakukan silaturahmi dan koordinasi. 

Dalam kesempatan tersebut, dibahas mengenai potensi-potensi ekspor yang ada di Pulau Flores dan sekitarnya.

Ihsan menyampaikan bahwa Garuda Indonesia selaku pengangkut siap mendukung kegiatan ekspor melalui udara di Bandara Komodo. 

Dia berharap dapat bekerja sama dengan Bea Cukai Labuan Bajo untuk menumbuhkan dan meningkatkan kegiatan ekspor.

Kepala Kantor Bea Cukai Labuan Bajo Tommy Hutomo menyambut baik hal tersebut. 

“Kami sangat berharap pihak Garuda Indonesia dan juga maskapai lainnya turut berpartisipasi aktif dalam menumbuhkan kegiatan ekspor di Flores ini,” kata Tommy.

Dia berharap dengan kegiatan koordinasi ini dapat meningkatkan kerja sama serta komitmen dari berbagai pihak sehingga dapat mewujudkan kegiatan ekspor khususnya di Pulau Flores dan sekitarnya. (*/jpnn)


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler