Bea Cukai Merauke Ikut Patroli di Jalur Perbatasan Indonesia-PNG

Selasa, 09 Juni 2020 – 17:11 WIB
Patroli bersama di daerah perbatasan RI-PNG. Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, MERAUKE - Customs, Immigration and Quarnatine (CIQ) bersama Badan Pengelola Perbatasan Daerah Merauke melakukan patroli di wiliayah perbatasan pada Sabtu (6/6) lalu.

Patroli bersama itu dalam upaya menjaga stabilitas dan melaksanakan fungsi pengawasan wilayah perbatasan RI-PNG di Merauke.

BACA JUGA: Visiting Online, Terobosan Baru Bea Cukai Jateng DIY Menekan Rokok Ilegal

"Sasaran patroli bersama adalah jalur-jalur tikus yang biasa dilalui oleh pelintas batas warga negara Papua New Guinea (PNG) yang terbentang luas dari Kabupaten Merauke hingga Kabupaten Boven Digul, di mana kondisi wilayahnya berupa hutan dan rawa sehingga sangat sulit dalam pengawasannya,” ungkap Kepala Kantor Bea Cukai Merauke Nazwar.

Ada beberapa titik jalur tikus yang sudah diidentifikasi oleh Tim CIQ dan Badan Pengelola Perbatasan Daerah Merauke yang menjadi jalur perlintasan warga negara PNG ke Merauke, dalam patroli bersama tersebut. Dua titik jalur tikus di wilayah Distrik Muting Kabupaten Merauke menjadi tujuan patroli bersama.

BACA JUGA: Bea Cukai Sumbagtim Beri Izin Pengusaha dalam PLB kepada PT SDS

Perbatasan negara mempunyai nilai yang sangat strategis bagi suatu negara, perbatasan negara merupakan manifestasi utama kedaulatan wilayah suatu negara.

Perbatasan suatu negara mempunyai peranan penting dalam penentuan batas wilayah kedaulatan, pemanfaatan sumber kekayaan alam, dan pertahanan keamanan serta keutuhan wilayah.

BACA JUGA: Bea Cukai Perkuat Sinergi dengan TNI, Kepolisian dan BNN

Wilayah perbatasan juga dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di wilayah perbatasan apabila pembangunan berjalan dengan baik dan merata, infrastruktur pendukung tersedia dengan baik, serta keamanan terjaga dengan kondusif.

CIQ dan Badan Pengelola Perbatasan Daerah Merauke rutin melakukan patroli bersama, khususnya di wilayah perbatasan Sota Merauke dan sekitarnya.

“Untuk patroli bersama dalam skala lebih besar dan luas jangkauannya melibatkan langsung pimpinan CIQ dan Badan Pengelola Perbatasan Daerah Merauke. Solidnya unsur instansi pemerintah di wilayah perbatasan Merauke dalam menjaga wilayah perbatasan menjadikan stabilitas wilayah perbatasan Merauke menjadi lebih kondusif,” pungkas Nazwar.(ikl/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler