Bea Cukai Pantau Kinerja 4 Perusahaan Ini

Senin, 04 Oktober 2021 – 17:23 WIB
Tim Bea Cukai melakukan kunjungan ke salah satu perusahaan. Foto: dok Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai kembali melakukan program customs visit customer (CVC) dengan mengunjungi berbagai perusahaan untuk memantau kinerja dan kondisi.

Program CVC itu kini dilakukan di empat daerah pengawasan Bea Cukai mulai dari Kediri, Tanjung Emas, Kudus, dan Pantoloan, Sumatera Utama.

BACA JUGA: Bea Cukai Fasilitasi Ekspor Pisang Mas Tanggamus ke Singapura

"Program ini dilakukan di beberapa Kantor Bea Cukai dengan maksud dan tujuan masing-masing wilayah pengawasan," kata Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, Tubagus Firman Hermansjah.

Pada beberapa waktu lalu, Bea Cukai Kediri melakukan kunjungan ke PT Cheil Jedang Indonesia dan PR Sehat Tentrem Jaya Lestari.

BACA JUGA: Melalui CVC, Bea Cukai Bangun Sinergi dengan Pengguna Jasa

Tujuan kunjungan tu untuk mengamati hambatan pengguna jasa agar bis didengar langsung dan dapat segera dicarikan solusi terbaik ke depannya demi mewujudkan pemulihan ekonomi nasional.

Tujuan serupa dilakukan Bea Cukai Tanjung Emas dengan menggelar Focus Group Discussion yang dihadiri oleh 18 peserta perwakilan Adidas Global Logistics, supplier dan consolidator Adidas di Semarang.

BACA JUGA: Bea Cukai Lakukan Kegiatan CVC ke Perusahaan Ini untuk Tingkatkan Layanan

Menurut Firma, melalui program tersebut seluruh permasala di lapangan bisa dibahas bersama sehingga tidak ada hambatan dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional.

"Karena 2021 merupakan tahun strategis dalam peningkatan Global Value Chain yang terkait erat dengan aspek perdagangan barang dan jasa, serta investasi Indonesia,” ungkap Firman.

Firman menjelaskan, melalui Global Value Chain, setiap negara termasuk Indonesia bisa berkontribusi dan memainkan peran, baik sebagai penyedia bahan baku, produk antara maupun barang jadi.

Selain itu, Kanwil Bea Cukai Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta melakukan kunjungan ke Djarum Kudus.

Hal itu dilakukan untuk mengetahui proses bisnis pengguna jasa sekaligus memantau kepatuhan terkait regulasi dan kebijakan pemerintah yang sedang berjalan.

PT Djarum Kudus juga merupakan pembayar pajak terbesar di wilayah kerja Kanwil Bea Cukai Jateng DIY.

Kemudian tujuan lain dari CVC dilakukan Bea Cukai Pantoloan, Sumatera Tengah menyambangi PT Esaputlii Prakarsa Utama (Benur Kita) Cabang Tolitoli.

Perusahaan itu merupakan penghasil produk perikanan dengan komoditas unggulan udang Vannamei.

Mereka berniat akan melakukan kegiatan ekspor mengingat udang Vannamei merupakan komoditas unggulan dalam bidang perikanan.

Oleh karena itu, Bea Cukai setempat siap memberikan fasilitas untuk mengoptimalkan ekspor komoditas unggulan agar lebih kompetitif di pasar internasional.

“Melalui CVC diharapkan bisa terus mendukung peranan Bea Cukai dalam memajukan industri dalam negeri dan meningkatkan ekspor komoditas unggulan di berbagai daerah,” harap Firman.(mrk/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dongkrak Ekspor di Daerah, Bea Cukai Perkuat Sinergi dengan Pemda dan Instansi Lain


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Bea Cukai   CVC   Program CVC   Djarum   ekspor  

Terpopuler