Beasiswa TELADAN Tanoto Foundation Kembali Dibuka, Biaya Kuliah 100% Ditanggung

Senin, 19 Agustus 2024 – 20:35 WIB
Mahasiswa penerima beasiswa TELADAN Tanoto Foundation menerima banyak manfaat. Foto dok. TF

jpnn.com, JAKARTA - Beasiswa TELADAN Tanoto Foundation angkatan 2025 kembali dibuka. Program TELADAN (Transformasi Edukasi untuk melahirkan Pemimpin Masa Depan) merupakan salah satu inisiatif Tanoto Foundation dalam mengembangkan pemimpin masa depan dan membangun generasi unggul yang tangguh serta siap berkontribusi positif untuk Indonesia.

Tanoto Foundation, organisasi filantropi independen di bidang pendidikan yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto pada  1981.

BACA JUGA: Pendaftaran Beasiswa TELADAN 2024, Ada Kuota untuk KIP Kuliah

"Tanoto Foundation kembali membuka pendaftaran program beasiswa TELADAN dan pengembangan kepemimpinan," kata Head of Leadership Development & Scholarship Michael Susanto kepada media baru-baru ini. 

Dia menjelaskan program TELADAN merupakan salah satu inisiatif Tanoto Foundation dalam mengembangkan pemimpin masa depan dan membangun generasi unggul yang tangguh serta siap berkontribusi positif untuk Indonesia.

BACA JUGA: Tanoto Foundation Kukuhkan 260 Penerima Beasiswa TELADAN 2024

Berbeda dengan beasiswa pada umumnya, program TELADAN dilengkapi dengan pelatihan kepemimpinan terstruktur untuk melengkapi para Tanoto Scholars (sebutan untuk penerima beasiswa Tanoto Foundation) dengan soft skill, kemampuan kepemimpinan, dan berbagai kemampuan esensial lainnya untuk mendukung mereka menjadi pemimpin yang berdampak di masa depan.

TELADAN sendiri ditujukan untuk mahasiswa reguler program sarjana yang berada di semester pertama di 10 perguruan tinggi mitra program TELADAN yaitu IPB University, Institut Teknologi Bandung, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Hasanudin, Universitas Indonesia, Universitas Mulawarman, Universitas Riau, dan Universitas Sumatera Utara.

BACA JUGA: Melihat dari Dekat Upaya Tanoto Foundation Membentuk Generasi Unggul di TSG 2024

"Pendaftaran program TELADAN angkatan 2025 dibuka pada 17 Agustus 2024 dan berakhir pada 1 Oktober 2024," ungkap Michael.

Lebih lanjut dikatakan, tahapan seleksi program beasiswa TELADAN sendiri terdiri dari tiga tahapan, yaitu seleksi administrasi, asesmen potensi kepemimpinan, dan wawancara.  Formulir pendaftaran dapat diakses melalui laman https://bit.ly/TELADAN2025.

Dalam menjalani program TELADAN selama 3,5 tahun dari semester 2 hingga 8, Tanoto Scholars akan mendapatkan beberapa manfaat antara lain

 dukungan pengembangan kepemimpinan, 

dukungan lingkaran pengembangan TELADAN, dukungan biaya kuliah penuh 100 persen dan tunjangan bulanan dari semester dua hingga semester delapan. Juga jaringan alumni di Indonesia dan seluruh dunia.

Syarat-syarat untuk mendaftar program beasiswa kepemimpinan TELADAN angkatan 2025 antara lain:

1. Warga Negara Indonesia (WNI).

2. Terdaftar sebagai mahasiswa reguler (S1) semester pertama di salah satu perguruan tinggi mitra program TELADAN.

3. Berkomitmen mengikuti program pengembangan kepemimpinan selama masa Program TELADAN (Semester 2 – Semester 8).

4. Menunjukkan potensi kepemimpinan yang kuat serta berkomitmen untuk berkontribusi pada masyarakat dan pembangunan bangsa.

5. Mampu berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia dengan baik, kemampuan berbahasa Inggris dan bahasa internasional lainnya akan menjadi nilai tambah.

6. Memiliki prestasi akademik (minimum nilai rata-rata rapor Kelas XII SMA/SMK/MA adalah 8 dari skala 10) dan non-akademik seperti pengalaman organisasi kesiswaan, komunitas sosial, atau terkait lainnya.

7. Sedang tidak menerima beasiswa atau mengikuti program dukungan finansial dari lembaga lainnya, dan bersedia tidak menerima beasiswa atau program finansial lainnya ataupun program pengembangan kepemimpinan sejenis apabila terpilih dalam program TELADAN.

 (esy/jpnn)


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler