Bedah Kekuatan Swedia

Senin, 11 Juni 2012 – 17:49 WIB
Pelatih Swedia, Erik Hamrén (kanan) bersama Zlatan Ibrahimović pada sesi latihan jelang laga melawan Ukraina. Foto: Getty Images

Pemain Kunci 
Zlatan Ibrahimovich
Caps : 77/Gol : 31
 
Andreas Isaksson
Caps : 93/Gol : 0
 
Olof Melberg
Caps : 114/Gol : 7
 
Anders Svensson
Caps : 127/Gol : 18
 
Kim Kallstrom
Caps : 92/Gol : 16
 
Johan Elmander
Caps : 63/Gol : 16
 
 
 
Performa        (Bintang 3)
Penguasaan bola     : 52,9%
Gol/kemasukan        : 3,1/1,1
Menang/seri/ kalah    : 8/0/2
Kemenangan beruntun      = 3
Kekalahan beruntun    = 1
 
Swedia datang ke Euro dengan gaya permainan yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Jika di tangan pelatih Lars Lagerback Swedia bermain sedikit lebih bertahan, semuanya berubah di tangan Erik Hamren. Dia menjadikan skuad Swedia yang kerap menjadi kuda hitam dalam beberapa kejuaraan internasional itu lebih banyak menyerang.
   
Tak heran jika Swedia memiliki banyak variasi serangan. Baik itu yang mengandalkan kolektivitas pemain atau serangan dari dua sisi sayap. Terbukti, dalam beberapa laga uji coba terakhir, Swedia tak pernah sekalipun mengalami kekalahan.
 
  Serangan        (Bintang 3)
  Tembakan gawang     :  4,6
  Tembakan melenceng      : 7,2
   Corner kicks         : 5,6
  Terkena offside          : 2,4
  Pelanggaran dari lawan : 9,9

Zlatan Ibrahimovich layak menjadi perhatian bagi tim mana pun yang akan berhadapan dengan Swedia. Pemain AC Milan itu menjadi pencetak gol terbanyak Swedia. Catatan 31 gol dalam 77 penampilan menjadi sinyal ancaman bagi pertahanan lawan.  Tugas Hamren sekarang hanya menyiapkan pendamping terbaik Ibra. Untuk urusan itu, stok penyerang Swedia bertambah dengan hadirnya Johan Elmander yang pulih dari cedera. Selain itu, masih ada Ola Toivonen dan Markus Rosenberg yang kerap menjadi pengganti Ibrahimovich.
 
 
  Pertahanan        (Bintang 2)
  Tembakan dari lawan         : 7,1
   Cleansheet                          : 4
  Penyelamatan gawang      : 2,7
  Perangkap offside              : 1,9
  Pelanggaran per game        : 11,1
   
Sama halnya dengan Ukraina, Swedia ternyata bermasalah dengan lini pertahanan. Intinya pun juga tidak jauh berbeda. Yakni, usia pemain yang mulai menua sehingga memengaruhi pergerakannya. Terutama palang pintu utama, Olof Melberg, yang kini sudah 34 tahun. Sebagai partnernya, Hamren sudah menyiapkan Andreas Granqvist.
   
Sektor penjaga gawang pun tidak begitu bagus. Sebagai penjaga gawang paling berpengalaman, Andreas Isaksson malah sering melakukan kesalahan. Selain itu, kadang dia lemah dalam berkoordinasi dengan pemain bertahan. Karena itu, Swedia sering kebobolan dengan berawal dari set pieces. (nur/c14/bas)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Ukraina Siap Hentikan Pergerakan Ibra


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler