Begini Cara Cari Apartemen yang Nyaman dan Tepercaya

Rabu, 20 Oktober 2021 – 23:01 WIB
Ilustrasi apartemen. Foto: source for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Apartemen masih jadi primadona bagi kaum milenial terutama di kota megapolitan seperti Jakarta

Ini karena apartemen menjadi alternatif hunian di tengah keterbatasan lahan.

BACA JUGA: Prostitusi Online Anak di Apartemen Sentra Timur, Polisi Panggil Pengelola

Tak heran, pembangunan apartemen makin marak seiring bertambahnya peminat.

Namun, di luar itu keberadaan pengelola apartemen yang profesional juga sangat krusial.

BACA JUGA: Polisi Bongkar Praktik Prostitusi Online di Apartemen Kalibata City, 5 Orang Diciduk

Data Knight Frank Indonesia mencatat penjualan apartemen atau kondominium di Jakarta pada semester I 2021 mencapai 95,7% dibandingkan periode yang sama tahun 2020 (year-on-year).

Saat ini total pasokan apartemen secara kumulatif mencapai 223.635 unit.

BACA JUGA: Pengakuan Sekuriti kepada Polisi Terkait Prostitusi Online di Apartemen Sentra Timur

Memilih apartemen pun tidak bisa asal dilakukan.

Hal ini disampaikan Muhamad Wahyudi, Manager Maintenance Field and Quality Control di PT. Mitsubishi Jaya Elevator and Escalator (MJEE) yang berpengalaman dalam melakukan pemeliharaan fasilitas di gedung bertingkat seperti apartemen sejak 1996.

Dia mengungkapkan ada beberapa hal yang harus diperhatikan konsumen terutama milenial sebelum memilih apartemen.

Pertama, apartemen harus memiliki pengelola profesional sehingga gedung akan terpelihara dengan baik dan aman.

“Pemeliharaan gedung bertingkat butuh metode khusus dan harus dilakukan secara berkesinambungan, dan ini biasa dilakukan pengelola profesional karena mereka mengerti bagaimana menjaga hunian tetap aman dan nyaman,” jelas manager di perusahaan yang memiliki pengalaman memelihara fasilitas gedung bertingkat selama kurang lebih 25 tahun ini.

Beberapa apartemen dengan pengelolaan profesional baik di Jakarta maupun kota besar lainnya yang saat ini ditangani pemeliharaan fasilitasnya oleh MJEE.

Antara lain Green Lake Sunter (North & South), Madison Park Apartment, Metro Park Apartment, Grand Madison Apartment, Podomoro City Medan, Borneo Bay Apartment, Soho Pancoran, dan Soho Podomoro City

Kedua, fasilitas apartemen terjaga karena merupakan elemen penting untuk penunjang aktivitas penghuninya.

Pengelola profesional akan memastikan gedung dan fasilitasnya terpelihara dengan baik.

“Setiap orang yang beraktivitas di apartemen, baik penghuni, karyawan, tenant, hingga pengunjung berhak berada dalam kondisi aman dan nyaman tanpa dibayangi rasa takut akan suatu musibah yang mengancam keselamatan akibat kurang terpeliharanya gedung dan fasilitas,” sambungnya.

Menurutnya, pengelolaan menjadi hal utama bagi penghuni baru yang hendak memilih apartemen.

Contoh fasilitas penting yang perlu diperhatikan pemeliharaannya adalah lift.

Fasilitas lift merupakan penunjang utama mobilitas setiap orang di apartemen.

Lift harus dipelihara secara berkesinambungan. Sesuai standar, sarana ini minimal harus diperiksa berkala minimal satu bulan sekali memiliki prosedur apabila terjadi beberapa hal kendala teknis seperti gagal transfer atau listrik mati.

Dia mengatakan MJEE memiliki sistem bernama Mitsubishi Emergency Landing Device (MELD). Apabila sistem tersebut berjalan dengan baik, maka pemeliharaan terbukti berjalan dengan baik.

Wahyudi mengatakan pemeliharaan dan perbaikan lift hanya boleh dilakukan teknisi bersertifikat atau kompeten.

Pengelola atau manajer properti dapat melakukan pengecekan secara berkala seperti menaiki setiap lift yang ada di setiap sudut apartemen untuk membantu identifikasi kemungkinan terjadinya masalah.

“Harus dipastikan Rescue System-nya berfungsi dengan baik sehingga saat sistem membaca ada sebuah kendala, lift dapat ditransfer ke lantai terdekat dan mengamankan penggunanya,” katanya.

Hal senada disampaikan Jellyana, Direktur PT Gununghimun Peratama (GHP), perusahaan yang bergerak di bidang penyedia jasa pelayanan pemeliharaan dan kebersihan gedung sejak 1991.

Jellyana mengatakan konsumen bisa memerhatikan ketersediaan fasilitas dan juga public service yang tawarkan untuk memberikan rasa nyaman saat tinggal di apartemen.

“Tentunya usia gedung akan makin tua dan banyak yang harus diperhatikan dan dilakukan pemeliharaan. Mulai dari tampilan luar gedung dengan pengecatan berkala, sistem keamanan lift juga harus dipastikan bekerja dengan baik. Itu membutuhkan pengetahuan yang mendalam, sehingga keberadaan pengelola professional sangat dibutuhkan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan penghuni,” katanya.

Jellyana menyebutkan area publik yang tak kalah penting untuk ada di apartemen dan dijaga pemeliharaannya yaitu mulai dari koridor, lobby, ruang terbuka hijau, taman bermain, ruang serbaguna hingga sarana olahraga seperti kolam renang, lapangan dan jogging track.

Untuk itu, Dia menyarankan bagi masyarakat yang memiliki rencana memiliki/menempati unit apartemen agar memilih apartemen yang pengelolaannya sudah dilakukan secara profesional.

“Bisa cek latar belakangnya, pengalamannya seperti apa, berapa banyak apartemen yang ditangani, lalu siapa vendornya. Biasanya kita bisa dapat referensi dari orang terdekat, jika ada kerabat yang tinggal di apartemen, bisa tanyakan seperti apa pengelolaanya selama ini, apakah senantiasa memerhatikan, menjaga dan secara rutin melakukan perawatan terhadap fasilitas di lingkungan apartemen, dan lain sebagainya. Selain itu konsumen bisa cek di situs atau majalah properti untuk melihat rating pengelola,” pungkas Jellyana. (dil/jpnn)


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler