Begini Cara Diskominfo Kabupaten Tangerang Antisipasi Potensi Ancaman Siber

Sabtu, 13 Mei 2023 – 09:52 WIB
Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten TangerangNono Sudarno (kiri) berbicara di Rapat Koordinasi Perangkat Daerah terkait Standar Keamanan SPBE di Ruang Rapat Wareng, Kantor Bupati Tangerang, Kamis (11/5). Foto: Dokumentasi Humas Pemkab Tangerang 

jpnn.com, KABUPATEN TANGERANG - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tangerang mengajak semua perangkat daerah agar mengantisipasi keamanan informasi dalam penerapan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE).

"Sejalan dengan pemanfaatan teknologi ini mengharuskan kami untuk mengantisipasi risiko keamanan. berupa ancaman (siber) yang makin meningkat,” kata Kepala Diskominfo Kabupaten Tangerang Nono Sudarno pada Rapat Koordinasi Perangkat Daerah terkait Standar Keamanan SPBE di Ruang Rapat Wareng, Kantor Bupati Tangerang, Kamis (11/5).

BACA JUGA: MayDay, Bupati Zaki dan Buruh Mancing Bareng Sambil Bagi-bagi Doorprize, Seru Banget!

Kegiatan yang dibuka Kepala Diskominfo itu dihadiri pejabat penghubung serta operator pada setiap perangkat daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang.

“Dalam pemanfaatan SPBE ini diharapkan penerapan transformasi digital lebih terpadu secara nasional dan menjadi lebih terarah membentuk integrated government dan integrated public services," jelas Nono Sudarno.

BACA JUGA: Berkat Hal Ini, Bupati Zaki Raih Penghargaan dari Menkumham Yasonna Laoly

Kepala Bidang Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi Diskominfo Kabupaten Tangerang Yunita Nurlaila menambahkan kegiatan tersebut diselenggarakan untuk mengantisipasi keamanan informasi dalam penerapan SPBE.

"Melalui kegiatan ini, kami ingin adanya penguatan peran dari setiap perangkat daerah sehingga dapat mengantisipasi banyaknya potensi ancaman siber dan juga traffic anomaly yang ada dan ini menjadi tanggung jawab bersama, tidak hanya pada satu instansi,” tegaas Yunita Nurlaila.

Dia berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan peran dan pemahaman pejabat penghubung serta operator di setiap perangkat daerah dalam menjaga keamanan informasi melalui penerapan SPBE di lingkungan Pemkab Tangerang.

Sementara itu, Melita Irmasari selaku narasumber dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mengungkapkan beberapa potensi ancaman siber yang harus diwaspadai dalam menjaga keamanan informasi.

Dia menekankan perlunya sinergitas antarperangkat daerah dalam menjaga kemanan informasi di lingkup Pemkab Tangerang.

“Di tahun ini, ada beberapa ancaman siber yang dapat terjadi, dengan risiko yang bermacam-macam, maka perlunya peningkatan information security awareness pada setiap perangkat daerah sehingga dapat mengantisipasi ancaman tersebut,” kata Melita Irmasari.

Dia menyampaikan kegiatan ini juga menjadi salah satu langkah positif dari Diskominfo Kabupaten Tangerang untuk meningkatkan kesadaran informasi bagi para perangkat daerah.

"Ini menjadi salah satu langkah yang cukup positif, karena Diskominfo Kabupaten Tangerang sudah mengimplementasikan Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) dengan cukup baik, didukung dengan adanya Tim CSIRT serta rutin melakukan kesadaran kemanan informasi bagi para perangkat daerah,” ujar Melita. (esy/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler