Begini Cara ISTN Jakarta Merawat Kebersamaan Antarcivitas 

Sabtu, 12 Agustus 2023 – 10:17 WIB
ISTN Jakarta sukses menggelar konsolidasi dengan tema “Kebersamaan Menuju Kejayaan ISTN". Foto dok. ISTN

jpnn.com, JAKARTA - Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN) berhasil melakukan kegiatan konsolidasi dengan tema Kebersamaan Menuju Kejayaan ISTN.

Acara yang diprakarsai para staf, dosen Fakultas Sains dan Teknologi Informasi (FSTI) serta jajaran rektorat ISTN ini digelar di Bogor pada 9-10 Juni 2023.

BACA JUGA: Rektor Lili Beri Pesan Serius di Dies Natalis ke-72 ISTN

Rektor ISTN Dr. apt. Lili Musnelina, M. Si., menyampaikan akan pentingnya sebuah kebersamaan.

"Kebersamaan membuat kuat,  tangguh dan bisa menuju kejayaan ISTN," kata Lili Musnelina.

BACA JUGA: 189 Apoteker Lulusan ISTN Ikuti Sidang Pengambilan Sumpah

Sebagai kampus yang sudah berkiprah sejak 1950 dan sangat berpengalaman, ISTN memiliki visi kuat untuk menjadikan civitasnya sebagai pusat pendidikan unggulan yang mampu menghasilkan lulusan berkualitas dan berdaya saing tinggi.

Antara lain dengan memberikan pendidikan yang berkualitas, melibatkan semua energi civitas dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta terus berkontribusi pada masyarakat melalui penelitian dan pengabdian.

BACA JUGA: ISTN Tawarkan Beasiswa, Mahasiswa Kuliah Gratis sampai Lulus

Acara konsolidasi dengan tema kebersamaan tersebut dibuat dalam rangkaian kegiatan berupa kumpul bersama, ramah-tamah dan halal-bihalal, pemberian motivasi, kegiatan rekreasi, pentas potensi antar-fakultas, pengenalan individu, senam bersama, dan kegiatan-kegiatan building teamwork. 

"Jika rasa kebersamaan sudah tertanam di masing-masing individu, maka akan ada rasa tanggung jawab, kepedulian, rasa setia kawan, saling membantu, problem solving, mampu mempererat hubungan antarcivitas," tutur Lili Musnelina.

Lebih lanjut dikatakan suatu ketidakharmonisan itu tidak musti berbentuk konflik semata. Namun pengelompokan antarkaryawan/lingkaran-lingkaran internal juga harus dikikis supaya terjalin relasi baru yang lebih terbuka antarcivitas.

Rektor Lili berharap kegiatan ini secara langsung akan memberikan energi baru dalam hal mendukung visi, misi, dan program kerja ISTN ke depannya. Antara lain, dalam memberikan pendidikan yang berkualitas.

Para civitas dapat berinteraksi dan belajar secara kolaboratif nantinya. Kolaborasi antara mahasiswa, dosen, dan staf juga mendorong pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui proyek tim, diskusi kelompok, dan seminar.

Selain itu, program dengan tema “kebersamaan” juga sejalan dengan prinsip tridarma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Melalui kegiatan kolaboratif, antara para civitas Kampus ISTN, akan tercipta kesempatan untuk mengembangkan keterampilan sosial,

kepemimpinan, dan pemecahan masalah, yang berkontribusi pada kegiatan mereka.

Agenda ini juga lebih menyemangati civitas untuk melakukan penelitian bersama, menghasilkan pengetahuan baru, dalam hal berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan.

Perlu diketahui, kampus ISTN sudah berulang kali mendapatkan penghargaan dan dana hibah terkait penelitian-penelitian ilmiah dari tahun ke tahunnya dari Kemendikbudristek bersama DRTPM (Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat) dan dari Pendanaan Penelitian Program Kompetitif Nasional dan Penugasan di Perguruan Tinggi.

Kampus ISTN tidak hanya menghasilkan lulusan yang berkualitas, tetapi juga membentuk individu yang tangguh, memiliki keterampilan sosial yang baik, dan siap untuk menghadapi tantangan masa depan.

Di sisi lain, FSTI ISTN memberikan beasiswa hingga 100 persen kepada masyarakat Indonesia.

Dengan beasiswa ini diharapkan masyarakat bisa memanfaatkannya dengan baik.

Rektor Lili mengatakan momen ini merupakan kesempatan meraih kemampuan akademisinya demi menciptakan SDM berkeahlian IT dan berjiwa Pancasila, menyiapkan keterampilan diri yang cakap dalam memangku jabatan yang memerlukan pendidikan tinggi.

"Juga melakukan penelitian dan usaha kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan, budaya serta kehidupan di masyarakat ataunegara," ucapnya. 

Selain itu, FSTI berikut tim layanan IT-nya turut aktif pada kegiatan di masyarakat berupa webinar, pelatihan online/offline bidang AI, Web Terapan, Mobile Aplikasi, EMbedeed System IOT, E-Marketing dan paket-paket pelatihan untuk kewiraswastaan.

FSTI ISTN merupakan gabungan dari Prodi/Jurusan Matematika S-1, Fisika S-1, Sistem Informasi S-1 dan Teknik Informatika S-1 yang saat ini semua sudah mencapai proses akreditasi dengan predikat Baik dan Baik Sekali. (esy/jpnn)


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler