Begini Cara Memilih Kursi Kerja Kantor yang Baik untuk Tubuh

Jumat, 29 Juli 2022 – 07:32 WIB
Ilustrasi ruang kerja. Foto: dok Ruparupa

jpnn.com - Ruang kerja yang nyaman tentunya harus dilengkapi dengan perabot pendukung agar bisa meningkatkan mood dan produktivitas saat bekerja.

Salah satu perabot yang wajib diperhatikan di ruang kerja adalah kursi. Terutama bila kita akan duduk seharian di depan meja sambil menatap layar laptop atau komputer.

BACA JUGA: Cara Cepat Mengurangi Nafsu Makan, Demi Postur Tubuh Ideal

Namun, seringkali kita menemukan masalah pada kursi kerja setelah pemakaian dalam jangka waktu lama. Tentu, hal ini bisa mengganggu kesehatan.

Berikut ini masalah umum yang perlu kita perhatikan pada kursi kerja dan cara mengatasinya:

BACA JUGA: 4 Postur Tubuh Ini Harus Diperhatikan Saat Jalan Kaki

1.   Bantalan kursi tidak empuk

Pernahkah kamu dihadapkan dengan kondisi kursi kerja kantor yang bantalannya sudah tidak empuk seperti saat baru dibeli? Itu berarti bantalan kursi tersebut sudah mulai rusak.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Text Neck dan Meningkatkan Postur Anda

Oleh karena itu, perlu mengetahui kualitas bantalan kursi sebelum membelinya. Jika saat kamu mencobanya untuk duduk dan berdiri, tetapi bantalan kursi tidak kembali ke bentuk semula, bahkan meninggalkan bekas dudukan, artinya kursi kerja tersebut kurang bagus.

2.   Perhatikan roda pada kaki kursi

Kursi kerja yang memiliki roda memang didesain untuk lantai dengan karpet tipis. Inilah yang membuat roda kursi bisa saja meninggalkan bekas pada lantai, terutama bila kamu sering menggesernya.

Jadi, saat memilih kursi kerja, pastikan roda pada kursi memiliki lapisan karet agar bisa digunakan untuk berbagai jenis lantai.

Selain itu, pastikan kaki kursi cukup kuat supaya tidak mudah patah dan rusak. 

3.   Sistem pengatur ketinggian kursi

Biasanya, kursi kerja kantor dilengkapi dengan tuas untuk mengatur ketinggiannya. Nah, sebelum membeli kursi kantor, kamu perlu mencobanya terlebih dahulu untuk memastikan tuas berfungsi dengan baik.

Kamu juga bisa memilih kursi yang sesuai dengan berat badan agar sistem pengatur ketinggiannya tidak mudah rusak.

Selain itu, kamu perlu memastikan pengatur ketinggian kursi dilengkapi dengan sistem penguncian yang baik. Hal ini bertujuan agar saat kamu duduk, kursi tidak merosot ke bawah.

4.   Sandaran kursi

Hal selanjutnya yang sering menjadi masalah pada kursi kerja kantor adalah sandaran yang digunakan. Seringkali, kursi kerja tidak dilengkapi dengan sandaran yang nyaman.

Seperti terlalu kaku, tidak memiliki bantalan, serta tidak memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga tubuh mudah merasa panas.

Bila sandaran kursi terlalu kaku, bisa-bisa tubuh kamu cepat lelah atau pegal. Tentunya, hal tersebut bisa berdampak pada produktivitas kamu. Jadi, pilihlah kursi kerja dengan sandaran yang mengikuti postur tubuh kamu.

Nah, itulah beberapa masalah yang sering ditemukan pada kursi kerja kantor.

Buat kamu yang sedang menata ruang kerja di rumah, bisa menemukan berbagai perabot terbaik, seperti kursi kerja, meja kerja, serta lemari arsip kantor hanya di ruparupa.com.

Situs belanja online ini juga menjual berbagai berbagai produk berkualitas dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Informa Electronics, Informa Sleep, Pendopo, Krisbow, Ataru, Toys Kingdom Pet Kingdom, Selma, Susen, Chatime, Ashley, Eyesoul, dan lain-lain.

Dapatkan berbagai penawaran menarik dengan berbelanja di situs ini sehingga bisa jadi lebih hemat. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler