Begini Cara Para Seleb Ekspresikan Kekecewaan Atas Vonis Ahok

Rabu, 10 Mei 2017 – 15:27 WIB
Pendukung Ahok Bertahan di Depan LP Cipinang Foto by: Ricardo

jpnn.com - Vonis dua tahun penjara yang dijatuhkan kepada Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama membuat banyak orang kecewa. Termasuk di antaranya sejumlah selebritas yang mendukungnya sejak masa kampanye Pilkada DKI 2017.

Masing-masing seleb menggunakan cara mereka sendiri untuk mengekspresikan kekecewaan terhadap vonis majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara itu.

BACA JUGA: PDIP Mulai Tinggalkan Ahok?

Ada yang curhat panjang lebar di media sosial. Ada juga yang hanya memajang foto hitam tanda berduka.

Yang jelas, mereka semua menilai Ahok tak bersalah dan tak layak masuk penjara. (dil/jpnn)

BACA JUGA: Gelagat Mencurigakan, Dua Pria Diamankan di Mako Brimob

Ini beberapa seleb yang kecewa Ahok divonis bersalah dan cara mereka mengekspresikan kekecewaan:

BACA JUGA: Konon, 10 Ribu Ahoker Bakal Berkemah di Depan Mako Brimob

1. Jessica Iskandar
Jessica Iskandar mengungkapkan kekecewaannya dalam sebuah acara infotaiment, Rabu (10/5). Dia bahkan sampai berurai air mata saat bicara soal pemenjaraan Ahok.

Bagi ibu satu anak ini, Ahok adalah pahlawan Kota Jakarta. Karena itu, sama sekali tak pernah terpikir olehnya Ahok akan dijebloskan ke bui.

"Saya kecewa berat karena Pak Ahok ditahan. Bagaimana pun Pak Ahok sudah menjadikan Jakarta berubah," kata Jedar dalam infotainment, Rabu (10/5).

Walau kecewa berat, Jedar mengaku bisa mengambil pelajaran berharga dari kasus Ahok. "Ini pelajaran sangat berharga, kita tidak boleh sembarangan bicara ke publik," tandasnya.

2. Shanty
Seperti kebanyakan seleb Ahoker lainnya, Shanty menggunakan Instagram untuk menyuarakan kekesalannya.

Penyanyi yang juga aktris ini merasa geram kepada majelis hakim yang menjatuhkan hukuman berat kepada Ahok.

“Belum pernah semarah ini menyaksikan salah satu anak bangsa Indonesia terbaik divonis penjara, dan putusan hakim yang jauh melebihi tuntutan Jaksa,” kata Shanty di bagian keterangan foto Ahok yang diunggahnya, Selasa (9/5).

Shanty bahkan menyebut apa yang terjadi kepada Ahok, setelah semua kerjanya selama ini membenahi Jakarta, merupakan sesuatu yang tragis.

Dirinya pun mendukung langkah Ahok untuk mengajukan banding sebagaimana disampaikannya dalam persidangan pasca bacaan vonis.

“Banding, Pak Ahok… we are supporting you all the way #revolusibunga #freeahok,” tandasnya.

3. Luna Maya
Aktris ini mengekspresikan kekecewaannya dengan cara yang sangat minimalis. Tanpa foto dan kata-kata panjang mengenai bagaimana Ahok tak layak dipenjara.

Luna hanya mengunggah foto tanpa gambar dan berwarna hitam gelap sebagai bentuk kekecewaannya pada putusan majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

Mantan kekasih Ariel ‘Noah’ itu mengunggah gambar yang sama di akun media sosial Twitter dan Instagram usai keputusan vonis dijatuhkan pada Ahok, Selasa (9/5).

Dia juga menambahkan emoticon menangis, bendera Indonesia dan patah hati sebagai keterangan gambar yang diunggahnya.

4. Ernest Prakasa
Komika ini bisa dibilang sebagai Ahoker garis keras. Selama masa kampanye Pilkada DKI, Ernest sangat aktif mempromosikan pasangan Ahok-Djarot di media sosial.

Karena kegetolannya berkampanye, Ernest pun menjadi target serangan hater Ahok di media sosial.

Namun, ketika Ahok divonis bersalah majelis hakim, Ernest memilih cara minimalis untuk mengungkapkan kekecewaan.

Seperti Luna Maya, dia hanya mengunggah foto tanpa gambar dengan latar hitam. Hanya pesan singkat, "No Words," tertulis di bagian caption.

Pemain Cek Toko Sebelah ini sepertinya ingin menunjukkan bahwa dirinya sudah tidak bisa berkta-kata terkait vonis yang dijatuhkan kepada Ahok.

5. Anggun C Sasmi
Menetap di luar negeri, tak membuat Anggun C Sasmi ketinggalan perkembangan terkini di Indonesia.

Termasuk soal vonis dua tahun yang dijatuhkan kepada Basuki Tjahja Purnama, Selasa (9/5).

Anggun menyayangkan Ahok dijatuhi hukuman dan dijebloskan ke penjara. Lewat akun Instagram-nya, ibu satu anak ini mencurahkan unek-uneknya.

Menurut dia hukuman yang Ahok terima tak sepadan dengan apa yang sudah dilakukannya selama memimpin DKI Jakarta.

"Harga memajukan Jakarta selama tiga tahun akhirnya dibayar dengan dua tahun hukuman penjara. What country on earth has ever done that? Mine," tulis Anggun.

6. Young Lex
Rapper kontroversial ini ikut mengungkapkan kekecewaannya selang beberapa jam setelah vonis terhadap Ahok dijatuhkan. Lewat akun Twitter-nya Young Lex bicara panjang lebar soal Ahok.

Dia mengaku sangat sedih, bahkan sampai meneteskan air mata saat mendengar vonis yang dijatuhkan kepada Ahok. "Yusuf, Sadrak Mesak abednego di penjara, daniel di buang ke gua singa, seriuosly baru kali ini nangis liat pejabat di penjara @basuki_btp," cuitnya, Selasa (9/5).

Dukungan Young Lex ternyata tidak sampai di situ. Dia berencana melakukan tindakan yang cukup ekstrem untuk menunjukkan dukungannya kepada Ahok.

"Saya akan TATTO WAJAH PA AHOK @basuki_btp di badan saya! Lambang dari manusa yang Melawan ARUS dunia yang deras, dan tetap bertahan," tutup pemilik nama lengkap Samuel Alexander Pieter itu.

7. Addie MS
Komposer ternama ini juga salah satu seleb yang dikenal aktif mengkampanyekan Ahok saat Pilkada DKI.

Berbeda dengan lima seleb di atas, Addie memilih melakukan aksi nyata untuk mengekspresikan kekecewaan akan vonis dan dukungan kepada Ahok.

Tak lama setelah vonis dibacakan, Selasa (9/5), suami penyanyi Memes ini menyebar undangan kepada seluruh pendukung Ahok untuk berkumpul di Balai Kota DKI.

Dia mengadakan Addie konser mini di lokasi tersebut, Rabu (10/5) pagi. Addie menyampaikan rencananya melalui akunnya di Instagram.

“Rabu pukul 7 pagi besok nyanyi lagu Rayuan Pulau Kelapa ini di Balai Kota bersama penyanyi-penyanyi paduan suara yang spontan hadir menyuarakan semangat untuk persatuan Indonesia,” tulis Addie dalam keterangan videonya di Instagram.

Pagi tadi konser tersebut telah terealisasi dengna dihadiri ratusan pendukung Ahok alias Ahoker. Selain bernyanyi, mereka juga mengumpulkan KTP yang rencananya bakal digunakan untuk jaminan penangguhan penahanan Ahok.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Imbauan dari GNPF Terkait Vonis Ahok


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler