Begini Jadinya Ketika Sepeda BMX Gendong Mesin Motor

Selasa, 05 Maret 2019 – 17:49 WIB
Sepeda BMX dipasang mesin motor. Foto: Bikeexif

jpnn.com - DUNIA modifikasi selalu menelurkan ide-ide kreatif yang bikin pecinta otomotif semakin kagum.

Salah satunya modifikator motor Tom Dun dari bengkel 56 Motorcycles yang sukses merancang sepeda BMX menjadi sebuah motor pada umumnya.

BACA JUGA: Asal Tahu Aja! Beda Ukuran Roda Depan dan Belakang di Motor Trail

Seperti dilaporkan, Bikeexif Selasa (5/3), untuk merancang sepeda BMX bermesin motor tersebut, sang Tom menggunakan kerangka motor bebek Honda Super Cub dan mesin moto trail sehingga menjadi sebuah karya modifikasi yang mengagumkan.

Tom memang diketahui punya spesialisasi pada Honda Super Cub. Selain itu, Tom juga hobi naik sepeda BMX dan motor trail sejak kecil .

BACA JUGA: Husqvarna FC 450 Rockstar Edition Akan Melantai Tahun Depan

"Saya selalu ingin membangun sepeda BMX dengan mesin. Saya ingat ketika masih kecil, MBK dan Peugeot telah merilis beberapa, tetapi mereka tidak mendapatkan kesuksesan. Dua tahun lalu, saya akhirnya punya sedikit waktu untuk membangun satu,” kata Tom.

Jika dilihat sekilas, Tom hanya menggabungkan sepeda BMX dengan mesin motor tampak seperti sebuah pekerjaan yang sederhana. Tetapi tidak semudah yang dibayangkan, karena Tom harus memesan frame (bingkai) BMX secara khusus.

BACA JUGA: IIMS 2018 Akan Buka Sejarah Baru Motor Trail Gas Gas

Tidak hanya mengadalkan rangka asli sepeda BMX, Tom juga menggabungkan beberapa kerangka Honda Cub ditambah dengan dudukan untuk menggantung mesin motor trail, lalu mengelas sisanya dengan baj.

"Saya menggunakan geometri Honda Cub untuk bilah yang lebih rendah, dan sisanya berjalan secara alami," sambung Tom.

Dari posisi jok hingga belakang, Tom mempertahankan desain asli BMX, dengan bentuknya jok segitiga dan rantai sepeda. Tetapi ujung depan dirancang supaya bisa menjadi dudukan untuk fork (garpu) Honda Cub, yang kemudian diperkuat dengan pegas tambahan.

Sepeda BMX ini dibekali mesin 2 tak merek RZ Racing YX 150cc. mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga 15 hp tapi dengan bobot 66 kg.

Untuk mengumbangi tampilan sepedannya supaya berkesan padat, mereka menggunakan velg 17 inci model dop. velg tersebut lantas digabungkan dengan ban supermotor Michelin.

Sementara bagian-bagian lain seperti setang, pijakan kaki dan dudukan samping semuanya dipinjam dari sepeda BMX. Tuas kick-start pakai milik motor trail, dan dikombinasikan dengan pedal sepeda.

Sedangkan, untuk knalpot memakai model kustom dengan bentuk silinder memanjang mirip bambu. (mg9/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Honda CRF 150L Bergaya Supermoto Mejeng di Komunitas


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler