Begini Kata Dave Laksono soal Pencarian Dosen UII yang Hilang Kontak di Norwegia

Senin, 20 Februari 2023 – 22:01 WIB
Anggota Komisi I DPR RI Dave Laksono soal dosen UII hilang kontak. Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI Dave Akbarshah Fikarno Laksono mengatakan pemerintah perlu menjajaki semua kemungkinan dalam pencarian dosen UII hilang kontak.

Dosen Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta Ahmad Munasir Rafie Pratama (AMRP) sebelumnya dilaporkan hilang kontak saat berada di Oslo, sepulang mengikuti kegiatan di Norwegia.

BACA JUGA: Dosen UII Yogyakarta yang Hilang Kontak Terlacak di Boston

"Semua kemungkinan harus ditelusuri untuk memastikan usaha pencarian dilakukan secara maksimal," kata Dave Laksono di Jakarta, Senin (20/2).

Legislator Partai Golkar itu menyebut sudah sepatutnya pemerintah memberikan perlindungan kepada setiap warga negara Indonesia (WNI) yang sedang berada di luar negeri.

BACA JUGA: Penjelasan Irjen Krishna Murti soal Dosen UII Hilang di Norwegia, Begini Infonya

Menurut dia, Polri juga telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait untuk menemukan dosen UII hilang kontak setelah mengunjungi University of South-Eastern Norway (USN) di Norwegia itu.

"Sejauh ini Polri dan kepolisian setempat, immigration and border control telah berkoordinasi," ucapnya.

BACA JUGA: Kepala Sekolah Ini Pacari Siswi SMP, 2 Kali Melakukan Persetubuhan, Bu Retno Meradang

Sebelumnya, Minggu (19/2), Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI berkoordinasi dengan perwakilan RI di Turki, telah bergerak mencari informasi ke otoritas setempat untuk mencari AMRP yang dilaporkan hilang kontak.

Berdasarkan informasi dari Kemlu RI terkini, Rafie terdeteksi masuk ke wilayah Amerika Serikat melalui salah satu bandara di Boston pada Senin (13/2).

Temuan tersebut didasarkan pada data Perlindungan Budaya dan Perbatasan AS (United States Customs and Border Protection).

Rafie melakukan perjalanan ke Oslo, Norwegia pada 4 Februari 2023 dalam rangka tugas kampus untuk mengikuti aktivitas global di University of South-Eastern Norway (USN) di Norwegia.

Seharusnya dia kembali 12 Februari 2023 melalui Istanbul dengan penerbangan Turkish Airlines dan mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Kamis (16/2).

Walakin, dosen Jurusan Informatika Fakultas Teknik Informatika UII itu dilaporkan hilang kontak setelah berkomunikasi terakhir dengan istrinya pada Minggu siang (12/2) dalam perjalanan pulang ketika berada di Bandara Oslo.(antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler