Begini Langkah Mudah Klaim Asuransi Mobil Saat Berlibur

Jumat, 09 Februari 2024 – 15:17 WIB
Ada beberapa langkah mudah klaim asuransi saat berlibur. Foto: BRINS

jpnn.com, JAKARTA - Kondisi jalan yang padat tidak menutup kemungkinan mobil mogok dan mengalami insiden yang melibatkan bodi kendaraan.

Mulai dari rusak ringan hingga baret akibat tersenggol kendaraan lain, bahkan sampai kecelakaan berat atau mobil dicuri.

BACA JUGA: Memiliki Pre-Existing Conditions, Apa Masih Bisa Dilindungi Asuransi? Begini Kata Pakar Kesehatan

Namun, kini tidak usah khawatir karena klaim asuransi dari BRI Insurance bisal dilakukan di mana pun dan kapan pun melalui aplikasi BRINSMobile.

Meskipun mudah dalam mengurus klaim asuransi, tetap ada hal yang wajib diperhatikan agar proses pengajuan berjalan lancar.

BACA JUGA: Begini Cara BRINS Mendukung Pemberdayaan Budaya dan Lingkungan

Ada beberapa langkah mudah klaim asuransi saat berlibur:

1. Cek Masa Berlaku Asuransi Mobil

BACA JUGA: BRI Insurance Perluas Jangkauan Hingga ke Kota Mataram

Sebaiknya pastikan polis asuransinya masih aktif, jangan sampai masanya sudah habis sehingga kendaraan tidak ter-cover. Perlu pengecekan jenis asuransi yang digunakan. Hal ini biasanya tergantung dari jenis polis yang dipilih saat melakukan penutupan asuransi Kendaraan.

2. Siapkan Dokumen Pendukung Klaim Asuransi

Siapkan syarat atau dokumen pendukung klaim asuransi secara online maupun offline berupa Surat Izin Mengemudi (SIM), Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang juga tidak mati. Siapkan pula surat keterangan dari pihak berwenang seperti kepolisian atau pengelola jalan tol untuk memperkuat klaim asuransi.

3. Segera Lapor Klaim lewat Aplikasi

Bila semua syarat sudah lengkap dan asuransi masih aktif, segera buat laporan di fitur lapor klaim pada aplikasi BRINSMobile dan layanan dapay diakses 24/7. Tunggu hingga laporan diterima dan mendapat persetujuan sampai perbaikan kendaraan kamu sudah ditangani oleh pihak bengkel.

4. Monitoring Proses Klaim Secara Online

Memonitoring proses klaim dapat dilakukan dengan sangat mudah, yaitu dapat diakses melalui aplikasi BRINSMobile, pilih sub menu claim untuk memasukan nomer tiket lapor klaim serta nomer plat kendaraan, lalu akan muncul nomer polis kendaraan tertanggung yang sudah dilaporkan.

Selain lewat aplikasi BRINSmobile fitur lapor klaim dan claim tracking juga dapat diakses melalui WhatsApp official maupun contact center dan website resmi.

5. Serah Terima Mobil

Setelah selesai diperbaiki, pihak asuransi akan menghubungi untuk serah terima kendaraan. Lakukan inspeksi dahulu untuk memastikan kondisinya sudah prima. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler