Begini Persiapan Isyana Sarasvati dan Cantika Abigail Demi Pagelaran Sabang Merauke

Selasa, 08 Agustus 2023 – 18:23 WIB
Konferensi pers menjelang Pagelaran Sabang Merauke 'Pahlawan Nusantara' di The Resonanz Studio, Jakarta Selatan, Selasa (8/8). Foto: Dedi Yondra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pagelaran Sabang Merauke 'Pahlawan Nusantara' akan digelar di JIExpo Theatre Kemayoran, Jakarta pada 19 dan 20 Agustus 2023.

Sebelum acara yang digagas oleh iForte dan BCA tersebut dipentaskan, sejumlah seniman lintas genre dan generasi yang terlibat menjalani sesi latihan.

BACA JUGA: Pagelaran Sabang Merauke Bakal Spektakuler, Isyana Sarasvati Terlibat

Seniman tersebut di antaranya para penyanyi Isyana Sarasvati, Cantika Abigail, Swain Mahisa, Alsant Nababan, Taufan Purbo, Mirabeth Sonia, Christine Tambunan, Nino Prabowo, Yuyun Arfah, dan Gabriel Harvianto.

Serta sederet music arranger ikut terlibatdi antaranya Avip Priatna, Dian HP, Dunung Basuki maupun Batavia Madrigal Singers dan Jakarta Concert Orchestra.

BACA JUGA: Isyana Sarasvati Gelar Tur ke Beberapa Kota, Ini Jadwalnya

Penyanyi Isyana Sarasvati mengaku bangga bisa ikut bergabung dalam Pagelaran Sabang Merauke 'Pahlawan Nusantara'.

"Suatu kehormatan bisa terlibat, semoga bisa meningkatkan awareness betapa indah dan kaya kebudayaan kita, serta perjuangan pahlawan," kata Isyana Sarasvati di The Resonanz Studio, Jakarta Selatan, Selasa (8/8).

BACA JUGA: Morrissey Kembali Konser di Jakarta, Ini Jadwal dan Harga Tiket

Pelantun Il Sogno itu bakal membawakan sekitar 4 lagu dalam Pagelaran Sabang Merauke 'Pahlawan Nusantara'.

Menurut Isyana Sarasvati, tampil dalan pagelaran memiliki tantangan tersendiri.

"Bagaimana supaya masuk sama tokoh yang dibawakan," jelasnya.

Cantika Abigail turut antusias menjelang penampilan dalam Pagelaran Sabang Merauke ‘Pahlawan Nusantara’.

Sebab, menurutnya, bangga bisa ikut dalam pertunjukan megah dan kolosal yang dikemas secara menarik dengan rangkaian musik daerah dan nasional hingga pertunjukan teatrikal, serta memadukan kearifan lokal peninggalan leluhur bangsa dengan perjuangan para pahlawan.

"Ini pertunjukan yang keren, karena mengenalkan kekayaan budaya Indonesia lewat sebuah pagelaran spektakuler dan bisa menumbuhkan kecintaan akan budaya serta menghormati perjuangan para pahlawan bagi generasi muda," beber Cantika.

Pada Pagelaran Sabang Merauke ‘Pahlawan Nusantara’, Cantika akan melantunkan sejumlah lagu daerah dan nasional di antaranya Aku Papua, Hela Rotane, dan Indonesia Raya.

“Lagu yang menurut aku tingkat kesulitannya tinggai adalah Hela Rotane, karena koreonya cukup berbeda dengan lagu lain yang aku bawain," tambah pemilik single Start Over itu.

Komposer Dian HP akan mengemban tugas sebagai music director pada Pagelaran Sabang Merauke ‘Pahlawan Nusantara’.

Tidak sendiri, dia akan meramu musik megah san harmoni bersama sang putra Ammir Gita, pendiri Batavia Madrigal Singers Avip Priatna, penata musik tradisional Dunung Basuki, dan Meidy Ratnasari.

Menurutnya, kolaborasi dengan para musisi tersebut akan membalut keindahan yang menunjang aksi pertunjukan teatrikal, tari-tarian daerah dan kontemporer, parade busana etnik Indonesia, serta 31 lagu daerah dan nasional yang ditampilkan di atas panggung.

"Dari lini musik, kami akan menyuguhkan alunan yang harmoni serta kaya dengan memadukan musik tradisional dan musik modern," jelas Dian Hadipranowo.

Dunung Basuki kembali dipercaya menjadi penata musik tradisional Pagelaran Sabang Merauke.

Kidung, sapaan akrabnya menjanjikan kejutan spesial dengan rangkaian repertoar dari babak awal hingga akhir yang akan membuat penonton terpukau.

Kali ketiga terlibat pada pagelaran ini, selain bakal memberikan nuansa etnik kedaerahan, kolaborasi Kidung dengan Dian HP hingga Avip Priatna akan menjadikan kemasan musik terasa lebih megah dan fresh dari dua edisi sebelumnya.

"Perbedaan dari segi musik pada pertunjukan kali ini, karena ada keterlibatan dari sejumlah music director lain dan juga orkestra serta choir, kami harus berbagi ruang untuk menciptakan musik yang mengalun sempurna,” papar Kidung.

Selain para musisi dan penyanyi, tidak kurang dari 200 penari daerah yang terlibat pada Pagelaran Sabang Merauke ‘Pahlawan Nusantara’ juga telah menjalani sesi latihan selama kurang lebih satu bulan di Yogyakarta demi tampil maksimal.

Nama-nama besar di panggung seni pertunjukan juga turut ambil bagian dalam pementasan tersebut.

Dalam urusan visual, Sandhidea Cahyo Narpati, Pulung Jati, Dian Bokir hingga Rizqy Dhafin berkolaborasi di lini koreografi.

Harmonisasi para pengisi acara ini disimpul dengan manis oleh sutradara Rusmedie Agus.

Sementara itu pada lini busana, sejumlah desainer kenamaan Tanah Air juga akan memamerkan koleksi terbaik dengan nuansa etnik Indonesia.

Desainer terlibat di antaranya Ivan Gunawan, Era Soekamto, Danny Satriadi, Denny Wirawan, Ghea Panggabean, Taufik Bachtiar, dan sejumlah anggota Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI) lainnya.

Tidak ketinggalan, terdapat pula nama Iwan Tirta Private Collection dan Griya Ageman yang juga turut memamerkan koleksi Wastra Nusantara dalam pagelaran kali ini.

Selain dapat menikmati seni pertunjukan di panggung utama, para pengunjung Pagelaran Sabang Merauke juga akan diajak menyelami keragaman budaya Nusantara melalui cultural fair yang berlangsung di luar area pertunjukan.

Pengunjung juga dapat berkunjung ke festival UMKM yang melibatkan 48 UMKM Binaan BCA Bangga Lokal dan iForte, serta 3 Desa Binaan Bakti BCA.

Tiket Pagelaran Sabang Merauke ‘Pahlawan Nusantara’ sudah bisa didapatkan melalui online. (ded/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dedi Yondra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler