Begini Situasi Pandemi Covid-19 di Luar Jawa Bali Jelang Ramadan

Selasa, 29 Maret 2022 – 12:49 WIB
Dirjen Bina Adwil Kemendagri Safrizal ZA menjelaskan situasi pandemi Covid-19 di luar Jawa dan Bali menjelang Ramadan. Foto: ilustrasi/Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Safrizal ZA mengatakan situasi pandemi Covid-19 makin membaik menjelang bulan Ramadan.

Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 19 Tahun 2022 tentang PPKM di Luar Jawa dan Bali, jumlah daerah yang berstatus Level 3 makin berkurang.

BACA JUGA: PPKM di Luar Jawa Bali Diperpanjang, Begini Aturan Salat Tarawih Ramadan

Di luar Jawa dan Bali, penurunan jumlah daerah level 3 dinilai cukup signifikan.

"Level 3 dari yang sebelumnya 200 daerah menjadi 110 daerah dan tidak adanya daerah yang berada di level 4," kata Safrizal, Selasa (29/3).

BACA JUGA: Inmendagri Terbaru Terbit, Begini Aturan Pembatasan di Daerah PPKM Level 1

Jumlah daerah level 2 di luar Jawa Bali meningkat dari 168 menjadi 250 daerah. Level 1 juga meningkat daeri 18 menjadi 26 daerah.

Safrizal menjelaskan perbaikan situasi ini menunjukkan bahwa peningkatan kapasitas vaksinasi di setiap daerah mampu menekan laju transmisi penularan Covid-19.

"Artinya, kekebalan masyarakat akan semakin terbentuk dan masyarakat sudah bisa beraktivitas secara normal meski tanpa mengurangi arti kewaspadaan untuk tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan," tutur Safrizal. (mcr9/Video Ambar Puspa Galuh)


Redaktur : Elvi Robia
Reporter : Dea Hardianingsih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler