Beginilah Jurus Pemkab Tabanan Genjot Jumlah Wisman

Sabtu, 08 Juli 2017 – 17:26 WIB
Pantai Tanah Lot di Tabanan, Bali. Foto: dokumen Radar Bali/JPG

jpnn.com, TABANAN - Kabupaten Tabanan di Bali tengah menggelar Tanah Lot Kreatifood and Art Festival 2017. Festival yang berlangsung mulai Jumat (7/7) itu akan berakhir Minggu (9/7).

Tanah Lot Kreatifood and Art Festival 2017 yang dibuka Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti menampilkan berbagai budaya khas bali. Antara lain barong bangkung ngelawang, parade gebogan, gong gebyar, rindik anak-anak, bondres, tari kreasi, calon arang, arja klasik dan masih banyak seni dan budaya lainnya.

BACA JUGA: Pak Kades: Dari Teras Rumah Terlihat Aktivitas Bapak Obama

Manajer Operasional Badan Pengelola Daya Tarik Wisata (BPDTW) Tanah Lot I Ketut Toya Adnyana menyatakan, berbagai seni dan budaya tersebut mampu menambah daya tarik para wisatawan yang sedang berlibur ke pura yang berada di laut itu.

Apalagi, sejumlah pesohor asal Jakarta juga ikut meramaikannya. Antara lain Indra L Brugman, Chan Celvin, Eddies Adelia, Indra Herlambang dan Chef Juna.

BACA JUGA: Heboh! Pria Bawa Samurai Labrak Dokter di Rumah Sakit


Warga Tabanan mengusung gebogan pada Tanah Lot Kreatifood and Art Festival 2017 yang digelar 7-9 Juli di Tanah Lot. Foto: dokumentasi Pemkab Tabanan

Ketut menjelaskan, terdapat berbagai makna yang mendalam dalam setiap seni dan budaya yang ditampilkan. Kesenian barong bangkung yang dimainkan oleh anak-anak muda selalu mengawali rangkaian acara.

BACA JUGA: Bu Bupati dari Bali Ini Inspiratif Banget soal Desa Wisata

Tari barong bangkung merupakan bagian dari seni pertunjukan barong tradisional Bali yang disebut dengan malalawang yang bermakna pintu penolak bala. Selain itu ada juga parade gebogan yang bermakna sebagai wujud persembahan hasil alam kepada leluhur.

Karenanya dalam gebogan ada berbagai macam buah dan sayuran hasil alam yang disusun berdasarkan ciri khas desa masing-masing. Antara lain jambu, apel, tomat, jeruk, pisang, dan lain-lain.

“Parade gebogan ini menampilkan 1.150 gebogan yang diiringi oleh tabuh baleganjur dari 23 desa adat yang ada di Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan," ujar Toya di sela-sela Tanah Lot Kreatifood and Art Festival 2017, Sabtu (8/7).

Sementara Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti mengajak seluruh yang hadir khususnya masyarakatnya untuk terus menjaga dan melestarikan seni dan budaya warisan dari para leluhur. Dia meyakini event semacam itu mampu mendongkrak pariwisata Tabanan.

“Dengan event seperti ini, sebagai wadah pengembangan dan pelestarian seni budaya khas Tabanan sebagai daerah agrarisnya Bali dan menjadi ajang hiburan bagi para turis yang hadir," paparnya.

Eka juga mengharapkan event-event itu mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara. Menurutnya, Tanah Lot merupakan World Class Tourism Destination atau destinasi wisata kelas dunia.

“Selain keindahan alamnya, Bali juga dikenal dengan wisata seni dan budayanya. Dengan festival ini, target kami mampu mendatangkan empat juta wisatawan baik itu lokal maupun mancanegara,” tuturnya.(rmn/indopos/jpg)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hmmm... Pentolan Golkar Tabanan Ketahuan Nyabu Bareng Cewek


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler