Bela Palestina, Puan Dinilai Warisi Darah Patriotik dan Antipenindasan Bung Karno

Selasa, 18 Mei 2021 – 17:31 WIB
Ketua DPR Puan Maharani. Foto: Ist for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Indonesian Bureaucracy and Service Watch (IBSW) Nova Andika menilai, sikap tegas Puan Maharani menentang kekerasan terhadap Palestina, menunjukkan bahwa dalam diri Ketua DPR itu mengalir darah patriotik antipenindasan.

Darah patriotik itu diwariskan dari Proklamator Indonesia Ir Soekarno kepada cucunya tersebut.

BACA JUGA: Puan Kutuk Serangan Israel, Jaringan Mubalig menanggapi Begini

“Ibarat pemeo, walaupun betina tetapi anak harimau, memang berbeda dengan kawanan domba,” ujar Nova Andika, dalam keterangananya, Selasa (18/5).

Menurut Nova, sikap Puan mendukung perjuangan rakyat Palestina, sejalan dengan sikap Bung Karno.

BACA JUGA: Destiana Dibegal, Satu Pelaku Sudah Diringkus, Buat AH, Jangan Senang Dahulu

Proklamator Kemerdekaan Indonesia itu pernah menyatakan dengan lantang, "Selama kemerdekaan bangsa Palestina belum diserahkan kepada orang-orang Palestina, maka selama itu pula bangsa Indonesia tetap berdiri menantang penjajahan Israel."

Nova juga menyoroti ajakan Ketua DPR tersebut kepada semua pihak untuk menyerukan dan memaksa Israel menghentikan serangan kepada warga sipil Palestina.

BACA JUGA: Puan Maharani Kecam Serangan Israel ke Warga Palestina, Minta Pemerintah RI Memberi Bantuan Kemanusiaan

Apalagi serangan dilakukan di tengah suasana Idulfitri dan pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia, termasuk Palestina dan Israel.

“Artinya, Ibu Puan mengajak semua pihak, terutama Israel sebagai pihak agresor untuk menahan diri, tidak menambah beban rakyat Palestina yang tengah dirundung pandemi corona,” kata Nova.

Mengutip hukum fisika aksi-reaksi dari Newton, secara alamiah sebuah aksi, kata Nova, akan selalu direspons dengan reaksi. Demikian pula apa yang terjadi di Gaza.

Serangan Israel kepada warga Gaza yang tengah beribadah di Masjidilaksa, wajar bila kemudian mendapatkan balasan kelompok pejuang Palestina, Hamas, dengan menembakkan sekian banyak roket ke wilayah Israel.

Serangan balasan tersebut sebagaimana pemberitaan bukan saja merepotkan, tetapi juga menelan korban jiwa sebagaimana serangan Israel ke Gaza sebelumnya.

“Jadi urusannya, serangan Israel kepada warga sipil Palestina itu tak lain hanya akan menambah eskalasi kekerasan yang telah lama menjadi bagian kehidupan di wilayah itu," kata dia.

Nova lebih lanjut mengatakan, kecaman Puan menunjukkan konsistensinya terhadap tujuan pendirian NKRI, sebagaimana tercantum dalam Pembukaan UUD 1945.

Puan menurutnya telah melakukan tindakan paling konkret. Pasalnya, tidak hanya menyatakan kecaman, tetapi juga menyerukan masyarakat internasional dan PBB memberi bantuan kepada rakyat Palestina.

Sebelumnya, Ketua DPR mengecam sekaligus mendesak PBB menjadikan peristiwa kekerasan Israel terhadap Palestina, sebagai momentum memulai kembali proses perdamaian yang komprehensif dan inklusif.

Hal tersebut sesuai dengan hukum internasional, resolusi PBB, dan parameter serta konsensus internasional.

Puan secara khusus mendorong pemerintah Indonesia melanjutkan peran aktif dalam menghentikan serangan Israel dan memberi bantuan kemanusiaan kepada rakyat Palestina.(gir/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

BACA ARTIKEL LAINNYA... Din Syamsuddin: Tindakan Israel ke Palestina Adalah Bentuk Terorisme Nyata


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler