Belajar dari SBY, Anies Wajar Belum Pilih AHY Jadi Cawapres

Minggu, 09 Oktober 2022 – 20:20 WIB
Capres NasDem Anies Baswedan saat bersilaturahmi dengan Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kantor DPP Demokrat Jakarta, Jumat (7/10/2022). Foto: dok. DPP PD

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Hendri Satrio menilai kemungkinan calon presiden Partai Nasional Demokrat (Capres NasDem) Anies Baswedan memilih Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai calon wakil presiden masih terbuka.

Namun, pendiri lembaga survei KedaiKopi itu tidak mengetahui seberapa besar peluang AHY dipilih oleh Anies.

BACA JUGA: AHY Membisikkan Kalimat Begini kepada Anies Capres Nasdem di TIM, Hmmm

"Anies juga sudah bilang enggak buru-buru. Menurut saya, masuk akal juga," kata Hendri Satrio kepada JPNN.com, Minggu (9/10).

Pria yang akrab disapa Hensat itu menilai Anies belajar dari Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam memilih cawapres saat akan maju pada periode keduanya.

BACA JUGA: Pertemuan Jokowi-Mega Bahas NasDem Dukung Anies? Hasto Bilang Begini

"SBY saja yang periode kedua begitu tinggi elektabilitasnya dia memilih cawapres di ujung-ujung, apalagi ini Anies Baswedan yang belum 100 persen tiketnya, lalu lawannya juga belum ketahuan. Jadi, memang kita harus menunggu," lanjutnya.

Dia juga menyebut masih ada beberapa nama yang punya potensi untuk dipilih oleh Anies Baswedan sebagai pasangannya pada Pilpres 2024. Baik dari ketua umum partai politik, maupun bukan kader.

BACA JUGA: Anies Baswedan Bertemu AHY, Ruhut Sitompul: Lawan Ringan

"Ketua umum parpol ada Cak Imin, Ahmad Syaikhu, Airlangga Hartarto, tetapi kalau dari non-parpol ada macam-macam, Rizal Ramli, Abraham Samad, Susi Pudjiastuti bisa saja dipasangkan," ujar Hendri Satrio.

Partai NasDem telah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden yang bakal diusung pada Pilpres 2024.

Anies dipilih sebagai Capres 2024 dari Nasdem setelah masuk bursa bersama dua nama lain, yakni Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Terbaru, Anies sendiri sudah melakukan safari ke Partai Demokrat pada Jumat (7/10). Dia bahkan mengaku siap berkomitmen bersama Demokrat.

"Saya membayangkan akan berjumpa dengan beberapa pengurus. Ternyata Demokrat itu luar biasa, begitu hangat sambutannya. Insyaallah ini penanda bahwa kami siap untuk jalan bersama-sama," ucap Anies.

Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu menjelaskan jalan bersama bukan keinginan dari puncak, melainkan yang bergerak dari seluruh arah.(mcr8/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Kenny Kurnia Putra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler