Belasan Rumah di Bondowoso Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Senin, 28 Oktober 2024 – 21:55 WIB
Petugas BPBD Bondowoso, jawa Timur, evakuasi pohon tumbang yang menimpa rumah warga. Senin (28/10/2024). ANTARA/HO-Humas BPBD Bondowoso

jpnn.com - BONDOWOSO - Belasan rumah milik warga di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, rusak diterjang angin puting beliung.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bondowoso mencatat belasan rumah warga di lima desa yang tersebar di tiga kecamatan porak-poranda diterjang angin puting beliung tersebut.

BACA JUGA: 28 Rumah Warga di Lampung Selatan Terdampak Angin Puting Beliung

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bondowoso Sigit Purnomo menyebutkan sedikitnya 12 rumah warga di lima desa mengalami rusak ringan hingga rusak berat akibat dihempas angin puting beliung disertai hujan.

"Rumah warga terdampak angin puting beliung pada Minggu (27/10) itu tersebar di Desa Taman (Kecamatan Grujugan), Desa Sumberanyar (Kecamatan Maesan), Desa Sukosari, Tamanan, Kemirian (Kecamatan Tamanan)," kata dia saat dihubungi di Bondowoso, Senin (28/10).

BACA JUGA: 7 Rumah di Kawasan Permukiman Badui Diterjang Angin Puting Beliung

Sigit menceritakan sebelum angin puting beliung menerjang lima desa di tiga kecamatan itu diawali hujan ringan. Angin yang bertiup kencang itu merusak belasan rumah warga.

Tak hanya rumah, sejumlah pohon di beberapa titik, serta empat tiang listrik PLN juga roboh diterjang angin puting beliung.

BACA JUGA: 27 Rumah Rusak di Lombok Tengah Akibat Diterjang Angin Puting Beliung

"Petugas kami sudah melakukan inventarisasi dampak dari bencana angin puting beliung untuk memastikan bantuan yang dibutuhkan," ungkap Sigit.

Data BPBD Bondowoso, di Desa Taman, Kecamatan Grujugan, satu rumah rusak ringan, Desa Sumberanyar, Kecamatan Maesan, empat rumah rusak sedang, satu rumah rusak berat.

Di Desa Sukosari dan Desa Tamananan, Kecamatan Tamanan, satu rumah rusak sedang, dan lima rumah rusak ringan. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler