Belasan Sopir Bus Pengangkut Jemaah Calon Haji Negatif Narkoba

Jumat, 07 Juni 2024 – 12:23 WIB
Personel Kepolisian Resor Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara melakukan tes urine kepada sopir yang membawa jamaah haji. (ANTARA/HO-Polres Tapanuli Selatan)

jpnn.com, TAPANULI SELATAN - Polres Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara melakukan tes urine terhadap 16 sopir bus pembawa calon jemaah haji. Hasilnya, belasan sopir itu dinyatakan negatif narkotika, psikotropika dan bahan adiktif berbahaya lainnya (narkoba).

"Para sopir tersebut pembawa delapan bus berangkat dari Kabupaten Tapanuli Selatan ke Kota Medan," ujar Kepala Satuan Resnarkoba Polres Tapanuli Selatan AKP Salomo Sagala di Sipirok, Jumat.

BACA JUGA: Oknum Polisi Ini Ditangkap BNNP NTB, Kapolresta pun Ikut Tes Urine

Lebih lanjut, dia mengatakan kegiatan tes urine tersebut melibatkan Badan narkotika Nasional Kota dan Dinas Kesehatan Tapsel pada Rabu (5/6).

Salomo mengatakan tujuan kegiatan tes urine ini juga dalam rangka mencegah penyalahgunaan narkoba pada sejumlah sopir di wilayah hukum Polres Tapanuli selatan.

BACA JUGA: Mencuri Tas Ransel Bule Prancis Berisi Uang Banyak, Sopir Taksi Ini Ditangkap

Menurut dia, selain bebas narkoba, para sopir tersebut membawa 221 calon haji itu, dalam keadaan sehat dengan harapan selamat sampai ke Kota Medan maupun kembali ke Tapsel.

Sebelumnya, Kepala Seksi Kantor Kemenag Tapanuli Selatan Firmansyah Pasaribu mengatakan seluruh calon haji masuk dalam gelombang kedua yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 23 bersama calon haji asal Kabupaten Dairi.

BACA JUGA: Belasan Sopir Bus Jalani Tes Urine di Serang, Begini Hasilnya

Dari 221 calon haji Tapsel, sebanyak 146 orang di antaranya perempuan dan 75 orang laki-laki.

Mereka bertolak menuju Jeddah, Arab Saudi dari embarkasi Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang pada Jumat (7/6) sekitar pukul 12.45 WIB.

Calon haji tertua 2024 bernama Samudin Rangkuti berumur 81 tahun asal Kecamatan Sayur Matinggi dan calon haji termuda Septi Lastri Siregar berumur 26 tahun asal Kecamatan Batang Angkola. (antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dituduh Pakai Narkoba, Mita The Virgin Siap Tes Urine


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler