Belum 5 Tahun, KOSME Mampu Produksi Ribuan Produk untuk 270 Brands

Selasa, 30 April 2024 – 13:09 WIB
Mesin swirl KOSME yang memproduksi berbagai varian produk kecantikan mulai dari skin care, body care, hair care, personal care, make-up, lip product, hingga perfume bisa diproduksi dengan biaya terjangkau dan minimum quantity yang bervariasi. Foto dok. KOSME

jpnn.com - JAKARTA - Bisnis produk kosmetik dan skincare makin diminati masyarakat karena peluang usahanya cukup besar.

Sebagai gambaran, nilai pasar produk Beauty and Personal Care di Indonesia tembus Rp 111 triliun pada 2022.

BACA JUGA: J99 Corp Berbagi Santunan Ramadan, Mulai Sembako Hingga Puluhan Ribu Al-Quran

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) melaporkan pertumbuhan industri kosmetika meningkat sebesar 21,9%, dari semula berjumlah 913 perusahaan industri kosmetik di 2022 menjadi 1.010 di pertengahan 2023.

Peningkatan industri kosmetik tersebut, khususnya yang masuk dalam industri lokal, didominasi usaha kecil dan menengah (UKM), yakni sebesar 95%.

BACA JUGA: J99 Foundation Beri Layanan Ambulans Gratis di Lima Kota, Catat Nomor Kontaknya

"Selain pertumbuhan yang pesat, makin tingginya populasi penduduk berusia muda di tanah air juga turut meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penggunaan produk kecantikan untuk menjaga penampilan dan kesehatan kulit," kata Direktur PT Kosmetika Global Indonesia (KOSME) Sabdha Agung Trilaksana pada Selasa (30/4).

KOSME adalah salah satu unit bisnis unggulan J99 Corp. yang merupakan salah satu perusahaan maklon kosmetik dan skincare terkemuka di Indonesia. KOSME memproduksi berbagai varian produk kecantikan mulai dari skincare, bodycare, haircare, personal care, make-up, lip product, hingga perfume bisa diproduksi dengan biaya terjangkau dan minimum quantity yang bervariasi.

BACA JUGA: J99 Corp. Memperkenalkan Jiwater Artesian Water, Rasa Ringan & Menyegarkan

“Sebagai perusahaan manufaktur kosmetik, kami membantu beautypreneur, customer untuk membuat brand kecantikan sendiri dengan memberikan layanan One Stop Service," tuturnya.

Mulai dari pembuatan sampel, membantu pembuatan merek/Hak Kekayaan Intelektual (HKI), layanan desain logo dan kemasan gratis, juga konsultasi marketing terkait layanan purna jual.

Dengan berbagai layanan yang diberikan, beautypreneur tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk memulai bisnis kosmetiknya sendiri.

"Kami juga menyediakan tenaga ahli dan teknologi canggih untuk menghasilkan produk kecantikan lokal berkualitas internasional,” katanya.

Sabdha menambahkan proses manufaktur produk-produk maklon tersebut berjalan di tiga plant KOSME yang berada di Surabaya, Malang, dan Cikarang.

Tidak ada perbedaan layanan serta produk yang diproduksi karena setiap plant telah memiliki standar untuk menjalankan semua prosedur maklon sesuai dengan Cara Pembuatan Kosmetika yang Baik (CPKB), ISO, serta ketentuan BPOM sehingga kualitas produk yang dihasilkan sudah pasti terjamin.

"Kami juga memiliki Standard Operational Procedure (SOP) bertaraf internasional dalam proses produksi, pengemasan, sampai dengan penyimpanan hasil produksi," ujarnya.

CEO J99 Corp. Ganesya Widya menyebutkan tren kecantikan yang terus berkembang mempengaruhi permintaan akan produk kosmetik dan skincare yang makin beragam jenisnya dan berpotensi membawa keuntungan tinggi.

Sejak berdiri pada 2018, KOSME sebagai bagian dari J99 Corp. terus tumbuh dengan menghadirkan produk-produk lokal andalan yang berkualitas dan didukung dengan layanan premium untuk customer-nya.

"KOSME sudah melahirkan lebih dari 270 brands dan memproduksi lebih dari 1.400 varian produk untuk MS GLOW, MS Glow For Men, Skintheory, Natura World, Men’s Experience, Byebadskin, RANS Beauty, NOSUKU, PRSY, dan masih banyak lagi," ujar Ganesha.

Shandy Purnamasari, founder MS GLOW mengaku juga melakukan maklon di KOSME.

Menurutnya, MS GLOW mempercayakan KOSME sebagai mitra maklon karena mampu menghasilkan produk-produk skin care yang berkualitas.

"Tidak hanya dari mutu produk, namun layanan One Stop Service-nya juga sangat membantu kami dalam proses pengembangan produk baru dan distribusi produk ke mitra-mitra bisnis di seluruh Indonesia," tuturnya.  (esy/jpnn)


Redaktur : Mufthia Ridwan
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
kosme   Skincare   kosmetik   J99 corp  

Terpopuler