Belum Mau Pasang Transmisi Otomatis di Confero S, Ini Alasan Wuling

Rabu, 24 April 2019 – 10:08 WIB
Wuling Confero S ACT. Foto: Ridha/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Permintaan terhadap transmisi otomotis pada model Wuling Confero S sudah lama muncul dari sebagian konsumennya, namun Wuling Motors punya alasan tersendiri ketika tetap mempertahankan transmisi manual di model low MPV andalannya itu.

Walaupun transmisi manual di varian baru Wuling Confero S tidak sepenuhnya, karena sistem baru yang disematkan juga memberikan sensasi transmisi otomatis. Lantas kenapa Wuling tidak sepenuhnya mengaplikasikan transmisi otomatis (AMT atau CVT)?

BACA JUGA: Kesan Pertama Mencicipi Transmisi Unik Wuling Confero S ACT

BACA JUGA: Pertama di Indonesia, Wuling Confero S ACT Transmisi Manual Tanpa Kopling

Brand Manager Wuling Motors, Dian Asmahani menjelaskan alasan tidak langsung menyematkan transmisi otomatis karena melihat permintaan transmisi manual di kelas LMPV masih cukup banyak.

BACA JUGA: Membaca Spesifikasi Wuling Cortez CT, Lebih Nendang

"Jadi di kelas Confero (low MPV) itu permintaan transmisi manual masih tinggi pasarnya. Makanya, varian baru Confero S ini konsepnya masih manual, hanya saja pengemudi tidak direpotkan lagi dengan pedal kopling berkat teknologi e-Clutch management lansiran Schaeffler," kata Dian kepada wartawan di Bogor, beberapa waktu lalu.

Artinya, lanjut Dian, kendati namanya tetap transmisi manual, namun konsumen bisa merasakan kenikmatan atau kemudahan layaknya transmisi otomatis karena sudah tidak lagi membutuhkan pedal kopling. "Itu poin pembeda Confero S di kelasnya, kami harap varian baru ini bisa diterima baik."

BACA JUGA: Pertama di Indonesia, Wuling Confero S ACT Transmisi Manual Tanpa Kopling

Selain itu, pertimbangan lainnya terkait pengembangan yang membutuhkan biaya tidak sedikit.

"Kalau kami pasang transmisi otomatis, berarti kami harus lakukan pengembangan lagi dan itu butuh waktu dan biaya besar lagi, kendati kami sudah ada transmisi otomatis jenis AMT di Cortez atau CVT di Almaz, ketika dipindah ke Confero itu harus ada R&D lagi," tambah Dian.

"Adapaun teknologi e-clutch management tersebut kami sudah siap, jadi tinggal pasang saja," tandas dia. (mg8/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Varian Baru Wuling Confero S dan Cortez Turbo Sungguh Menggoda


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler