Benarkah Bawa Handphone ke Toilet Bisa Berisiko Kena Virus Corona?

Rabu, 11 Maret 2020 – 04:11 WIB
Toilet. Foto: Pixabay

jpnn.com - Umumnya, pasien yang terjangkit virus corona akan mengalami sejumlah gejala. Misalnya, demam, flu, batuk dan sesak napas. Jika gejala terus bertambah parah, maka penderita bisa mengidap infeksi yang menyebabkan pneumonia yang bisa mengakibatkan kematian.

Penularan virus ini bisa sangat cepat. Apalagi Anda tidak sengaja menghirup percikan ludah dan bersin (droplet) penderita maupun menyentuh serta memegang benda yang sudah terkontaminasi penderita COVID-19.

BACA JUGA: Virus Corona Bikin Panik, Supermarket Australia Batasi Penjualan Tisu Toilet

Karena semakin banyaknya orang yang terjangkit coronavirus, para pakar medis pun memberikan beberapa tips yang bisa menjauhkannya.

Salah satunya tidak membawa handphone ke dalam kamar mandi. Namun, benarkah cara ini bisa mencegah penularan virus corona?

BACA JUGA: Tak Perlu Panik Berlebihan, Daya Tahan Tubuh yang Baik Bisa Tangkal Virus Corona

Mengapa penggunaan handphone di toilet bisa berisiko terkena coronavirus?

Dijelaskan oleh dr. Atika dari KlikDokter, tidak membawa ponsel ke dalam kamar mandi memang bisa menjauhkan Anda dari berbagai jenis virus. Termasuk termasuk COVID-19.

BACA JUGA: Cegah Virus Corona, Personel AAL Diingatkan Jaga Etika Pergaulan Hingga Cuci Tangan

Dikutip dari The Sun, coronavirus bisa bertahan hingga beberapa jam di benda-benda keras, salah satunya layar ponsel Anda.

Seorang Dosen Biologi di Liverpool Hope University, Inggris, dr. Perpetua Emeagi menjelaskan sekitar 17 ribu jenis bakteri dan virus bisa menempel pada layar handphone.

Salah satunya adalah COVID-19. Ketika penderita coronavirus menggunakan kamar mandi, virus bisa berpindah dari dudukan toilet maupun benda-benda yang disentuh oleh penderita.

Saat Anda meletakan ponsel di atas wastafel atau kloset, maka virus itu bisa berpindah ke permukaan handphone. Tentunya, virus yang menempel di ponsel dapat berpindah ke tangan Anda dan masuk ke dalam tubuh.

Meski begitu, dr. Atika juga menjelaskan penularan COVID-19 ini tidak terjadi secara langsung, melainkan ada faktor-faktor lainnya yang juga bisa meningkatkan risiko penularan infeksi tersebut.

“Kalau orang yang sebelumnya terkena coronavirus lalu meludah dan tidak sengaja terpegang oleh Anda, itu jelas bisa langsung tertular. Apabila Anda tetap menjaga kebersihan di dalam kamar mandi dengan mencuci tangan, menggunakan masker, dan tidak mengeluarkan benda-benda pribadi seperti handphone, maka risiko penularan pun juga sedikit kemungkinannya, ” jelas dr. Atika.

“Selain itu, jika sistem imunitas tubuh Anda baik maka penularan infeksi virus corona pun juga tidak akan terjadi. Ini meski Anda bermain handphone di dalam kamar mandi, ” tambah dr. Atika.(klikdokter)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler