Benarkah Kurang Tidur Dapat Merusak Hubungan Suami Istri?

Rabu, 22 Januari 2020 – 14:58 WIB
Pasangan suami istri. Ilustrasi. Foto Pixabay

jpnn.com - Saat kurang tidur terus-menerus, Anda mungkin akan mengalami perubahan kesehatan fisik dan emosional Anda. Salah satu yang paling sering muncul, kurang tidur dapat memengaruhi suasana hati Anda.

Tak hanya itu, kurang tidur juga membuat Anda tidak dapat fokus berpikir dengan baik.

BACA JUGA: 4 Alasan Anda Harus Mencuci Wajah Sebelum Tidur

Lantas, bagaimana kondisi kurang tidur ini bisa merusak hubungan asmara Anda?

Kedua kondisi itu bisa memengaruhi hubungan Anda dan orang lain termasuk pasangan. Hal tersebut juga bisa berujung pada cara pasangan memandang Anda.

BACA JUGA: Benarkah Diet Karbohidrat dan Gula Bisa Merusak Tidur?

Berikut lima alasan kurang tidur bisa merusak hubungan asmara:

1. Kurang tidur membuat Anda terlihat tidak menarik

Tak bisa dipungkiri, penampilan adalah salah satu daya tarik utama lawan jenis terhadap Anda. Sayangnya, kurang tidur bisa menurunkan penampilan Anda.

Meski bukan satu-satunya tolok ukur hubungan bisa sukses, apalagi sampai jadi penyebab utama hubungan kandas, hal ini juga dapat memengaruhi daya tarik Anda di mata pasangan.

Saat kurang tidur, beberapa perubahan fisik yang mungkin terjadi antara lain munculnya kantung mata dan terlihat lelah dan tidak fresh.

2. Kurang tidur memengaruhi sifat humoris Anda

Memiliki sifat humoris adalah salah satu daya tarik yang dapat membuat hubungan lebih berwarna. Banyak orang yang tertarik kepada mereka yang bisa membuatnya tertawa lepas.

Sayangnya, kurang tidur bisa memengaruhi sifat humoris yang sudah Anda miliki. Akibatnya, kondisi kurang tidur ini dalam taraf ringan, membuat hubungan jadi hambar, atau yang terburuk merusak hubungan dan akhirnya kandas.

Apa hubungannya kurang tidur dengan sifat humoris? Begini, selera humor yang tinggi membutuhkan kesadaran dan kemampuan untuk berpikir kreatif.

Saat kurang tidur, kemampuan berpikir kreatif dan cerdas mungkin jadi menurun. Bahkan, sekalipun telah minum minuman berkafein agar lebih berkonsentrasi, kemampuan berpikir Anda tidak bisa optimal.

Cara mengembalikannya adalah dengan membayar utang tidur dengan benar.

3. Kurang tidur mengurangi tingkat kebahagiaan

Tingkat kebahagiaan seseorang dapat terpengaruh saat tubuh Anda kurang istirahat. Akibat kurang tidur inilah yang bisa merusak hubungan Anda.

Tak hanya perasaan bahagia, kualitas tidur juga memengaruhi beberapa perasaan yang Anda rasakan dalam sebuah hubungan.

Beberapa perasaan tersebut antara lain apakah Anda merasa dekat dan memahami pasangan? Apakah Anda merasa aman menjalani hubungan tersebut dengannya?

Sudah siapkah Anda memaknai hubungan Anda dengan sikap yang positif? Hal-hal itu dipengaruhi oleh kualitas tidur Anda sehari-hari.

Hal ini pun telah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Sleep Medicine Reviews.

Penelitian tersebut menyatakan bahwa pasangan suami istri yang tidak memiliki masalah atau gangguan tidur akan jauh lebih bahagia dibanding yang sering kurang tidur.

4. Kurang tidur berpotensi menambah masalah dalam hubungan

Satu lagi efek merusak yang mungkin terjadi jika Anda kurang tidur adalah potensi bertambahnya masalah dalam hubungan.

Sebuah penelitian dalam jurnal Social Psychological and Personality Science mendukung pernyataan tersebut.

Penelitian itu menjelaskan bahwa saat salah satu dari pasangan mengalami masalah tidur, hubungan yang dijalani akan semakin bermasalah.

Pasalnya, orang yang kurang tidur, cenderung menunjukkan emosi negatifnya dan tidak bisa menyelesaikan masalah yang dihadapinya dengan baik.

Adu argumen dalam sebuah hubungan memang hal yang lumrah. Namun, ketika Anda kurang tidur, frekeuensinya berpotensi meningkat.

5. Kurang tidur bisa membuat Anda tidak tegas mengambil keputusan

Dalam setiap hubungan, selalu ada keputusan-keputusan yang harus diambil, termasuk hubungan asmara.

Dibutuhkan kepekaan terhadap situasi yang sedang Anda dan pasangan hadapi untuk menilai dan mengira-ngira apa saja konsekuensi yang harus Anda hadapi untuk sebuah keputusan.

Nah, kurang tidur bisa menganggu kemampuan Anda dalam pengambilan keputusan, dan salah-salah justru berpotensi merusak hubungan Anda.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Experimental Psychology menyebutkan bahwa tidur sangat berkaitan dengan kemampuan dalam mengambil keputusan.

Saat kurang tidur, Anda mungkin kesulitan untuk fokus, kurang inovatif, kurang dapat menerima informasi dengan baik, ceroboh, dan masih banyak lagi.

Tak hanya bagi hubungan, kurang tidur juga diketahui dapat merusak kesehatan Anda secara menyeluruh. Untuk itu, usahakan untuk selalu jaga kualitas tidur Anda.

Jika Anda mengalami kesulitan untuk tidur, berkonsultasilah dengan dokter untuk mengatasi masalah ini.(HelloSehat/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler