Bencana Alam Masih Mengancam

Rabu, 20 Februari 2013 – 07:36 WIB
MALANG-Bencana alam masih mengintai warga Kota Malang. Terutama kawasan pemukiman di bantaran sungai. Warga diminta meningkatkan kewaspadaan. Jika diterpa bencana, warga bisa mengajukan bantuan ke Pemkot Malang.

“Kami mengimbau warga Kota Malang untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana mengingat cuaca seperti saat ini.  Banyak cara untuk meningkatkan kewaspadaan,” imbau Sekda Kota Malang, Dr H Shofwan SH MSi.

Bentuk kewaspadaan dini,  kata Shofwan,  berupa upaya menjaga kebersihan di saluran drainase hingga pemukiman penduduk dan sungai. Karena itu dia mengajak warga untuk  menggelar kerja bakti secara rutin.

Berbagai jenis bencana yang harus dihindari warga yakni tanah longsor. Selain itu kata dia berupa genangan air. “Penyakit seperti demam berdarah dan diare juga harus diwaspadai,” ujarnya.

Warga yang tertimpa bencana seperti rumah ambruk atau tertimpa longsor bisa saja mengajukan bantuan ke pemkot. Caranya yakni mengajukan permintaan bantuan secara tertulis yang diajukan ke wali kota Malang melalui beberapa instansi terkait.

“Bisa mengajukan proposal bantuan bencana melalui Bakesbangpol dan Dinas PU, Perumahan dan Pengawasan Bangunan. Proposal yang masuk akan diverifikasi dulu untuk mengetahui kondisi lapangan yang sebenarnya,” kata mantan Kadis Pendidikan Kota Malang ini.

Sunaryo dari Tim Reaksi Cepat (TRC) penanganan bencana mengatakan  di Jalan  Muharto terdapat sejumlah lokasi rawan longsor. Diantaranya kata dia, di wilayah RW 6 sampai RW 10 kelurahan Kotalama.

“Rawan longsor karena bangunan terletak di bantaran sungai. Selain itu juga rawan rumah roboh dan gorong-gorong jebol.  Saat ini kami terus meningkatkan kewaspadaan,” kata Sunaryo yang rutin mengawasi di kawasan Muharto dan sekitarnya itu.

Dia lalu mencontohkan, pekan lalu terdapat sejumlah bencana di kawasan Muharto. Salah satunya sebuah rumah di Jalan Muharto Gang V roboh pada pekan lalu. Sebelumnya juga terdapat beberapa bencana longsor di Muharto. (van/nug)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Banjir Sulut, 17 Tewas

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler