Bentuk ISMI Sumut, Ivan Iskandar Gandeng Semua Pihak

Jumat, 22 Desember 2017 – 20:36 WIB
Ketua Kadin Sumut Ivan Iskandar Batubara (berpeci) menerima surat rekomendasi dari Ketua Umum ISMI Ilham Akbar Habibie (tengah) untuk membentuk PW ISMI Sumut. Foto: Istimewa for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ivan Iskandar Batubara bertekad membentuk Pengurus Wilayah (PW) Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) Sumatera Utara (Sumut) yang berkualitas.

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumut itu memang mendapat amanah setelah mengantongi surat rekomendasi dari Ketua Umum ISMI Ilham Akbar Habibie.

BACA JUGA: Good News, EV Hive Hadirkan Co-Workning Space Luas Banget

Ilham menyerahkannya dalam Refleksi Akhir Tahun ISMI 2017 di Hotel Sofyan Betawi, Jalan Cut Meutia Menteng, Jakarta, Kamis (21/12).

Acara itu juga dihadiri Sekjen ISMI Syarifuddin Anhar, perwakilan Jaringan Saudagar Muhammadiyah (JSM), Himpunan Pengusaha Nahdliyin, Komisi Ekonomi Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan Direktur Eksuktif Kadin Sumut Hendra Utama.

BACA JUGA: 2018, Bunga KUR Jadi 7 Persen

“Ini menjadi tanggung jawab yang harus saya emban dengan baik,” kata Ivan.

Sejumlah organisasi di Sumut juga sudah menyatakan dukungannya terkait pembentukan PW ISMI Sumut. Di antaranya, DPW NU, DPW Muhammadiyah, ICMI, dan MUI.

BACA JUGA: Google Beri Fitur Gratis untuk Pelaku UKM

“Pembentukan PW ISMI Sumut nantinya menambah barisan organisasi pengusaha yang dapat memperkuat perekonomian Sumut. ISMI nantinya bergandengan tangan dengan semua pihak untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara. Para saudagar muslim harus mengambil peran, tidak boleh diam saja,” tambah Ivan.

Dia menambahkan, semua organisasi harus menyatukan visi dan misi dalam menggerakkan perekonomian masyarakat.

Caranya dengan menciptakan lapangan pekerjaan, kesempatan kerja, dan sumber daya manusia (SDM) unggul yang mampu melakukan inovasi dalam melahirkan produk baru.

“Ini adalah tanggung jawab kita bersama. Tidak hanya Kadin, ISMI nantinya juga punya beban tugas yang sama. Kami akan merangkul pemerintah daerah, bersinergi, dan saling dukung,” ujar Ivan.

Menurut Ivan, ISMI akan berfokus pada pengembangan pengusaha muslim skala usaha kecil dan menengah (UKM).

Ivan mengatakan, pengusaha muslim UKM harus mampu menjadi penyangga utama ekonomi nasional untuk mewujudkan kesejahteraan serta berkontribusi mengatasi kemiskinan, kesenjangan, dan pengangguran.

“Saya optimistis karena ISMI memiliki modal sosial karena didirikan empat ormas Islam yakni NU, Muhammadiyah, MUI, dan ICMI,” ujar Ivan.

Sementara itu, Ilham Habibie berharap pembentukan PW ISMI Sumut terealisasi awal 2018.

Dengan begitu, program ISMI yakni menggali karakter UKM, potensi sumber daya alam (SDA), dan memperkuat peran pengusaha muslim secara nasional segera terlaksana.

“Saya yakin Pak Ivan mampu merealisasikan pembentukan pengurus ISMI di Sumatera Utara. Walau ini bukan pekerjaan mudah, tapi saya yakin semua pengusaha muslim di Sumatera Utara akan bersatu dan salin bantu,” ujar Ilham.

Ilham menambahkan, PW ISMI telah terbentuk di enam provinsi seperti Jakarta dan Jawa Tengah. ISMI ke depan dibentuk di tiap provinsi secara nasional.

“Ini bagian dari program pengembangan sayap ISMI di daerah. Tujuannya jelas, mendorong pertumbuhan ekonomi, membantu pemerintah daerah dalam menelurkan kebijakan yang baik. Tidak hanya bagi pengusaha muslim, tapi juga kepada masyarakat luas,” ujar Ilham. (jos/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Garap UKM, Siapkan Area Komersial Khusus


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler