Penggunaan sepeda listrik sekarang semakin meningkat di Australia, dimana banyak orang yang tidak lagi mengendarai mobil.

Salah seorang penjual sepeda listrik yang dikenal dengan nama e-bike, Daniel Whiting sudah selama 10 tahun terakhir menjual sepeda listrik.

BACA JUGA: ELL: Bagaimana Saya Belajar Bahasa Inggris

Dia mengembangkan sendiri usahanya empat tahun lalu, dengan membuat sendiri sepeda listrik setelah naiknya permintaan.

Dua tokonya di negara bagian Queensland menjual sekitar 1.400 e-bike setiap tahunnya, dan menurut Whiting, itu meningkat dua kali lipat dibandingkan dua tahun lalu.

BACA JUGA: Lima Inovasi Keren Pemenang Eureka Prize 2016

"Kesadaran dan pertanyaan dari konsumen sangat tinggi." katanya.

Menurut Whiting, meningkatnya penggunaan sepeda listrik di Eropa menjadi penyebab meningkatnya peningkatan ekonomi di bidang penjualan sepeda.

BACA JUGA: Pengalaman Mengungsi Bawa Dokter Australia Ini Jadi Relawan di Kamboja

"Pertumbuhannya besar sekali. Di Eropa, sekarang ini rasionya hampir sama 50-50, antara sepeda listrik dengan sepeda biasa dan ini belum pernah terjadi sebelumnya."

"Ini belum sampai sebenarnya di Australia, namun akan sampai juga nantinya."

"Di sini baru tampak di permukaan saja, namun perlahan revolusi ini akan terjadi."

Kemajuan teknologi, harga yang terjangkau, desain yang menarik, dan juga jarang rusak menjadi alasan meningkatnya penggunaan sepeda listrik di Australia menurut Whiting.

Dia mengatakan lima tahun lalu, sepeda listrik masih berat, dan desainnya tidak menarik.

"Bentuknya seperti traktor, dan sekarang sepeda itu cantik seperti mesin yang ringan.. kita kadang tidak tahu itu sepeda listrik." kata Whiting.

Menurut Whiting lagi pengguna sepeda listrik pun berubah dari dulu yang kebanyakan digunakan oleh lansia yang kesulitan bergerak, dengan sekarang pengguna adalah mereka yang berusia antara 30-50 tahun dan keluarga. Jacqui Grieve seorang desainer grafis menemui klien menggunakan sepeda listriknya.

By ABC Great Southern: Lisa Morrison

Salah seorang yang sudah menggunakan sepeda listrik adalah desainer grafis Jacqui Grieve yang tinggal di Albany (Australia Barat) yang mengendarai sepedanya beberapa kali sehari untuk bertemu klien atau mengantas barang.

Grieve mengatakan membeli sepeda listrik setahun lalu sudah memberikan pengalaman yang positif dari sisi kesehatan, lingkungan dan juga keuangan.

"Saya kira semua orang harus memilikinya." katanya.

"Ini enak sekali digunakan, pokoknya terbaiklah."

Grieve yang berusia 52 tahun tersebut mengatakan bahwa menggunakan sepeda listrik membuatnya tidak harus mengenakan pakaian khusus bersepeda namun menggunakan pakaian kerja.

"Saya memakai sepatu hak tinggi, tas tangan, memakai lipstik, dan selendang saya."

"Ini sangat menyenangkan."

Grieve sudah mulai membuat akun Instagram dan halaman Facebook berjudul Cycle City Chic Albany menceritakan pengalamannya bersepeda.
Bersepeda untuk ke tempat kerja

Geoff Cass yang juga menjadi anggota klub sepeda Albany Cycle Club bersama Jacqui Grieve sebelumnya sudah lama mengikuti berbagai lomba balap sepeda.

Namun pria berusia 69 tahun tersebut bulan Juni lalu membeli sepeda listrik sebagai 'pilihan gaya hidup."

Cass mengatakan sepeda listrik cocok untuk kawasan Albany yang banyak memiliki perbukitan dan juga tiupan angin kencang.

"Banyak orang ingin bersepeda namun mereka tidak mau bekerja keras, dan atau memang tidak mampu, dan ini memberikan kesempatan bagi mereka untuk melakukannya." katanya.

Cass sekarang mempertimbangkan untuk menjual salah satu mobilnya, setelah dia memiliki sepeda listrik tersebut.Keluarga menaiki sepeda tiga roda

Quinn dan Nina Smithson adalah dua bocah yang sekarang menikmati bepergian dengan sepeda listrik bersama oang tua mereka.

Quinn (empat tahun) dan Nina (dua tahun) senang dibonceng oleh orang tua mereka Brad dan Andrea setelah keluarga itu membeli sepeda roda tiga bulan Mei lalu. Quinn, Nina dan Brad Smithson menggunakan sepeda listrik roda tiga.

By ABC Great Southern: Lisa Morrison

Smithson mengatakan di kawasan tempat tinggalnya Mt Melville yang berbukit membuatnya kesulitan hanya menggunakan sepeda biasa.

"Dengan berat sepeda 30 kg, dan anak-anak juga 30 kg, kami memang memerlukan bantuan tenaga."

Mereka menggunakan sepeda listrik untuk membawa anak-anak ke sekolah, pelajaran renang, dan belanja, seminggu dua kali.

"Menyenangkan. Anak-anak menyukainya. Saya suka, istri pun begitu." kata Brad.

"Mereka duduk di depan kami, dan bisa mejelaskan apa yang mereka lihat.

"Banyak orang berhenti, bertanya mengenai sepeda kami dan minta berfoto."

Smithson mengatakan tetangganya yang memiliki anak kecil sekarang sedang mempertimbangkan untuk membeli sepeda yang sama.

"Saya kira ini akan terus menjalar dan semakin banyak yang menggunakan sepeda listrik, karena teknologinya akan lebih baik dan sepedanya akan lebih murah." katanya.

Diterjemahkan pukul 11:30 AEST 2/9/2016 oleh Sastra Wijaya. Simak beritanya dalam bahasa Inggris di sini

Lihat Artikelnya di Australia Plus

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hamdi Alqudsi Dijatuhi Hukuman Penjara

Berita Terkait