Berangkat ke Tanah Suci, Menpora Pilih Terbang lewat Jalur Reguler

Selasa, 06 Agustus 2019 – 23:39 WIB
Menpora Imam Nahrawi. Foto: Egan/kemenpora.go.id

jpnn.com, SURABAYA - Seluruh kloter pemberangkatan jemaah calon haji embarkasi Surabaya tuntas sudah. Kemarin CJH kloter 85 tiba di Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES).

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi bersama istri Shobibah Rohmah tergabung dalam kloter terakhir itu.

BACA JUGA: Konsumsi Jemaah Haji Dihentikan Lima Hari

Namun, keduanya tidak ikut satu rombongan bus. Mereka tiba di AHES sekitar pukul 10.30. Sedangkan rombongan bus calhaj kloter 85 yang lain sudah tiba pukul 08.00.

Setelah menyalami satu per satu petugas, keduanya diarahkan menjalani rekam biometrik di Hal Mina. Ada petugas proses rekam yang disediakan. Imam dan istrinya menjalani proses rekam di tempat nomor 02 dan 03.

BACA JUGA: Satu Medali Emas Berharga Asian Games 2018 untuk Sekolah di Pedalaman

BACA JUGA : Ini Jumlah Dana Asuransi untuk Jemaah Haji yang Meninggal Dunia

Petugas terlihat agak sedikit canggung mengarahkan keduanya. "Jari empat Pak, diangkat, bukan lima. Kemudian letakkan di scanner," ujar seorang petugas Proses biometrik berjalan cukup singkat.

BACA JUGA: Menpora Jauh - jauh ke Pedalaman Batang Hari untuk Program 1Emas 1Perpustakaan

Hanya sekitar 5 menit. Setelahnya, mereka keluar meninggalkan gedung. Imam mengaku mendaftarkan diri tujuh tahun lalu. "Alhamdulillah bisa berangkat haji tahun ini. Lewat jalur reguler," katanya.

Tahun ini Imam mendampingi ibu dari istrinya. Selain itu, dia mendoakan para calhaj agar diberi kemudahan dan kelancaran saat menjalani proses ibadah haji. Pihaknya juga mengapresiasi PPIH yang turut membantu keberangkaan jamaah.

Imam mengatakan, dirinya memang merencanakan berhaji lewat jalur reguler. Sebab, dia ingin lebih dekat dengan jemaah lainnya.

Tidak ada perbedaan antara pejabat dan masyarakat saat melaksanakan ibadah haji. "Lebih dari itu, bilamana ada sesuatu yang perlu disempurnakan, juga akan berharap terus disempurnakan," katanya.

BACA JUGA : Ini Imbauan Menag untuk Jemaah Haji

Selain itu, dia akan mendoakan kebaikan untuk Indonesia di Tanah Suci. Terutama soal bencana alam yang melanda tanah air.

Saat disinggung sudah berapa kali pergi haji, Imam hanya tersenyum. Istrinya pun hanya menatap wajah suaminya itu. "Rahasia lah berapa hehe," katanya.

Sementara itu, Sekretaris PPIH Jamal mengatakan, secara keseluruhan, penyelenggaraan haji tahun ini dinilai lancar.

Meski begitu, dia mencatat, masih banyak calhaji yang nekat membawa barang berlebih atau dilarang. Saat ini barang sitaan itu masih disimpan di gudang.

Di antaranya, rokok, jamu, dan obat-obatan tradisional. Panitia pun dipastikan tidak akan mengembalikannya. "Karena pemiliknya juga tidak tahu siapa saja. Kan banyak. Ini juga bisa menjadi efek jera bagi mereka," katanya. (dan/c10/git/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menpora Ingin Venue Boling Dimanfaatkan dengan Baik


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler