Berbekal Skuad Minimalis, Timnas Voli Putri Indonesia Rebut Perunggu SEA Games 2021

Sabtu, 21 Mei 2022 – 20:48 WIB
Timnas Voli Putri Indonesia saat berlaga di SEA Games 2021. Foto. NOC Indonesia

jpnn.com, BANGKOK - Timnas voli putri Indonesia berhasil membawa pulang medali perunggu SEA Games 2021 seusai mengalahkan Filipina.

Berlaga di Dai Yen Gymnasium, Quang Ninh, Sabtu (21/5/2022) malam WIB, Srikandi Merah Putih menang dengan skor 3-1 (25-21, 22-25, 25-19, 25-21).

BACA JUGA: Ramalan Mr Li Soal Timnas Voli Kamboja Terbukti Benar, Indonesia Dalam Ancaman

Anak asuh Risco Herlambang Matulessy tampil apik sejak gim pertama lewat variasi serangan bola open spike dan quick.

Indonesia menurunkan pemain-pemain, seperti Tisya Amallya Putri, Wilda Siti Nurfadilah Sugandi, Shella Bernadetha Onnan, Megawati Hangestri, Nandita Ayu Salsabila, dan libero Ditta Azizah sejak awal laga.

BACA JUGA: Voli SEA Games 2021: Perunggu Milik Kamboja, Emas Diperebutkan Indonesia dan Vietnam

Strategi tersebut berjalan dengan baik, di mana Ratri, Megawati, dan Wilda menjadi momok untuk Filipina lewat blocking dan serangannya.

Indonesia akhirnya memimpin 1-0 seusai unggul 25-21 atas Filipina pada gim pertama.

BACA JUGA: SEA Games 2021: Link Live Streaming Timnas Voli Putri Indonesia vs Filipina

Gim kedua sejatinya masih menjadi milik Indonesia. Sayang di penghujung laga, Amalia Fajrina Nabila dan kawan-kawan terlihat lengah. 

Hal itu dimanfaatkan Filipina untuk mendulang poin sehingga Indonesia tertikung dengan skor 22-25.

Pada gim ketiga, Alyja Daphne Antonio Santiago menjadi momok untuk pertahanan Indonesia. Pemain asal klub Saitama Ageo Medics di Liga Jepang itu mampu membendung setiap serangan dan menciptakan situasi counter attack mematikan.

Beruntung, Indonesia tetap tenang dan fokus untuk mengambil keunggulan 2-1 seusai menang 25-19 atas tim asuhan Jorge de Brito itu.

Pada gim keempat, sempat terjadi ketegangan saat kapten tim Filipina, Abigail Palmares Marano mencetak poin beruntun dan membuat Filipina memimpin 18-12.

Beruntung, Ratri Wulandari tampil apik lewat poin-poin penting yang dia sumbangkan sehingga Indonesia berbalik unggul 19-18 dan menutup laga dengan kemenangan 21-19.

Hasil ini mengantar Timnas voli putri Indonesia kembali membawa pulang medali perunggu SEA Games ke tanah air.

Pada edisi sebelumnya, Srikandi Merah Putih juga mendapatkan hasil yang sama, juga dengan mengalahkan Filipina dengan skor 3-2 (25-20, 24-26, 25-12, 20-25, 16-14).

Raihan medali perunggu di SEA Games 2021 terasa spesial karena tim voli putri hanya berkekuatan 12 pemain dan sempat diragukan berangkat karena dinilai kurang bisa bersaing.

Namun, Yolla Yuliana cum suis mampu membuktikan bahwa mereka mampu berbicara banyak pada turnamen antarnegara Asia Tenggara ini.(mcr16/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... SEA Games 2021: Rahmat Erwin Abdullah Tak Terbendung, Pertajam Rekor dan Raih Emas


Redaktur : Dhiya Muhammad El-Labib
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler