Berdayakan UKM Lewat Pasar Anak Negeri

Selasa, 17 Juli 2012 – 16:19 WIB

JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) akan menggelar Pasar Anak Negeri di yang akan digelar di Istora Senayan, Jakarta dari 27 sampai 29 Juli 2012 mendatang. Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PAN, Taufik Kurniawan mengatakan kegiatan yang melibatkan Usaha Kecil Menengah yang merupakan binaan PAN ini sebagai bentuk pemberdayaan yang mengandalkan ekonomi kerakyatan.

"Kami memfasiltasi penjualan produk pilihan karya pelaku UKM di bawah binaan PAN. Sekaligus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mendapatkan produk berkualitas dengan harga terbaik dari pengusaha kecil dan menengah yang berasal dari semua provinsi di Indonesia," kata Taufik kepada wartawan di Restoran Pulau Dua, Senayan, Jakarta, Selasa (17/7).

Taufik yang juga ketua panita pelaksana menjelaskan pameran untuk mempromosikan produk unggulan dari pelaku UKM ini akan digelar secara rutin. Kata dia, untuk tiga bulan sekali, PAN akan memfasiltiasi kegiatan sama yang akan digelar setiap tiga bulan sekali di berbagai kota.

Sementara itu, Ketua Badan Pengembangan Organisasi dan Keanggotaan DPP PAN, Hafisz Tohir mengatakan panitia akan membagi ke dalam empat kelompok. Yakni, kelompok mikro, usaha kecil, usaha kecil dan menengah, serta koperasi. Kata dia, kelompok tersebut akan diberi bantuan keterampilan untuk meningkatkan mutu dan kualitas produk dan bantuan pinjaman dengan persyaratan yang mudah untuk menjalankan usahanya.

"Untuk memenuhi kebutuhan pelaku UKM dalam meningkatkan pemasaran dan kualitas produk tersebut, maka Pasar Anak Negeri menyediakan klinik-klinik yang relevan. Seperti klinik untuk memperbaiki kemasan, labeling, branding pemasaran. Juga ada klinik simpan pinjam untuk skala mikro dan kecil, hingga menyediakan fasilitas workshop bagi mereka yang membutuhkan," kata Hafisz.

Lebih jauh, Hafisz mengatakan bahwa sekitar 50 pelaku UKM di Jakarta akan mendapatkan gerobak dorong gratis dari panitia untuk berjualan selama Pasar Anak Negeri berlangsung. Gerobak itu selanjutnya akan menjadi milik pribadi dari pelaku UKM.

Pada kesempatan yang sama, fungsionari PAN Raslina Rasyidin yang juga panitia pelaksana mengatakan kegiatan ini akan menampilkan produk dalam empat kategori. Masing-masing, produk fashion, aksesoris, kerajinan, serta makanan dan minuman.

"Akan ada 234 stand dari pihak sponsor dan gerobak 100. Dan seluruh produk unggulan akan ditampilkan dari 33 DPW PAN dan juga kita siapkan untuk DPD," katanya.

Untuk memeriahkan Pasar Anak Negeri, panitia juga akan menggelar berbagai perlombaan dan kegiatan pendukung. Di antaranya, lomba peragaan busana, lomba menulis ayat-ayat Al Quran bagi anak-anak, marawis, tausiah, penjualan sembako murah, takjil, dan buka puasa bersama. Sedangkan di segmen hiburan, selain akan dihadiri para artis ibu kota, juga akan diisi rampak gendang, marching band, performance band yang bisa dinikmati mayarakat mengisi waktu ngabuburit. (awa/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Anas: Pertumbuhan Kewirausahaan Tembus 2,5 Persen


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler