Berdialog dengan Perajin Bulu Mata, Atikoh Beber Asam Folat Telur Penting untuk Cegah Stunting

Kamis, 28 Desember 2023 – 18:10 WIB
Istri capres Pilpres 2024 Ganjar Pranowo, Siti Atikoh, berdialog dengan para pekerja di pabrik EJ Bulu Mata di Winong Lor, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Kamis (28/12/2023). Foto: Humas DPP PDIP

jpnn.com, PURWOREJO - Istri capres Pilpres 2024 Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti, mengunjungi pabrik bulu mata di Winong Lor, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Kamis (28/12/2023).

Mbak Atik -panggilan akrab Atikoh- dalam kunjungannya berdialog dengan para perajin bulu mata yang mayoritas perempuan.

BACA JUGA: Perempuan Atikoh dan Bakoh, Indonesia Pasti Kokoh

Dalam dialog di pabrik EJ Bulu Mata itu, salah satu pekerja bernama Mei menceritakan masih adanya anak-anak yang mengalami stunting atau tengkes.

Mei pun menanyakan solusi bagi anak yang mengalami stunting. "Saya melihat itu di sekeliling saya masih banyak yang anak-anak yang stunting,” kata Mei.

BACA JUGA: Berbagi Pengalaman dengan Santri, Atikoh Mengutip Hadis Nabi & Petuah Sayidina Ali

Menurut Mei, memang sudah ada bantuan untuk penderita stunting di daerahnya. Namun, penderita stunting itu tetap tidak membaik.

“Masih juga stunting, bagaimana solusinya?” tanya Mei kepada Atikoh.

BACA JUGA: Mengobrol dengan Ibu Hamil, Atikoh Beber Asam Folat dalam Telur

Menanggapi pertanyaan itu, Atikoh mengatakan penanganan masalah stunting sebenarnya harus dimulai dari pencegahan. Menurut dia, akan sulit menyembuhkan penderita stunting.

"Pencegahannya itu memastikan si ibu, calon ibu, ketika mau menikah, kondisinya memang sehat. Kondisinya sehat dari berat badannya, lingkar lengan, lingkar lengan atasnya itu lebih dari 23,5 sentimeter,” tutur Atikoh.

“Mungkin dari berat badan lebih dari 45 kilolah, usia orang yang menikah itu di atas 20 tahun, Menikah boleh umur 18 atau 19, tetapi ketika hamil, usianya 20 tahun sehingga anatomi tubuhnya itu sudah support agar hamil," imbuh Atikoh.

Alumnus Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM) itu menambahkan upaya pencegahan stunting juga harus dilakukan saat bayi masih dalam kandungan.

Kesehatan ibu hamil, tutur Atikoh, harus selalu terjaga. Selain itu, asupan gizi bagi ibu hamil juga harus terjamin.

“Asupannya itu yang paling mudah itu telur. Sehari telur satu atau dua biji," imbuh Atikoh.

Mantan wartawati itu menuturkan telur menjadi makanan ideal untuk ibu hamil. Zat putih telur berisi protein, sedangkan kuning telurnya mengandung asam folat.

“Putih telur itu yang paling lengkap. Ikan mungkin (berprotin lengkap, red), tetapi relatif agak mahal. Telur paling gampang, diceplok gampang, didadar gampang, direbus gampang, harganya relatif terjangkau,” tutur Atikoh.

Peraih gelar master kebijakan publik dari Universitas Tokyo itu juga menjelaskan soal pentingnya asam folat dalam kuning telur.

“Asam folat kenapa penting sekali untuk ibu yang mengandung, karena itu untuk pembentukan saraf otak. Kalau stunting itu kadang memengaruhi saraf otak janin. Asam folat itu bagi ibu juga bisa mencegah anemia. Anemia ini salah satu penyebab dari prematur," kata Atikoh.

Oleh karena itu Atikoh menegaskan salah satu program suaminya bersama Mahfud Md di Pilpres 2024 ialah pencegahan stunting.

Ibunda dari M. Zinedine Alam Ganjar itu menyebut upaya pencegahan stunting dari Ganjar-Mahfud akan dilakukan sejak kehamilan hingga anak yang lahir berusia dua tahun.

"Jadi, ketika di kandungan sampai anak dua tahun itu mendapatkan asupan gizi seimbang,” kata Atikoh.

Perempuan kelahiran 25 November 1971 itu juga mendorong pemberian ASI eksklusif sampai bayi berusia enam bulan. Ibu menyusui pun harus selalu mengasup makanan bergizi.

“Kalau Ganjar-Mahfud, (menawarkan program) pemberian telur dua butir sehari untuk ibu yang mengandung, kemudian ketika melahirkan itu juga dilanjutkan sampai anak berusia dua tahun," katanya.(ast/jpnn.com)

Video Terpopuler Hari ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mbak Atik Istri Mas Ganjar Terbukti Sudah Teruji, Cocok Jadi First Lady


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler