Berhasil Terapkan Bisnis Berprinsip ESG, BRI Raih Belasan Penghargaan Selama 2020

Sabtu, 03 April 2021 – 10:48 WIB
BRI terus melakukan implementasi keuangan berkelanjutan berbasis nilai-nilai lingkungan, sosial, dan tata kelola (Environment, Social, and Governance/ESG) dalam menjalankan bisnis. Foto: Humas BRI

jpnn.com, JAKARTA - Bank Rakyat Indonesia (BRI) terus melakukan implementasi keuangan berkelanjutan berbasis nilai-nilai lingkungan, sosial, dan tata kelola (Environment, Social, and Governance/ESG) dalam menjalankan bisnis.

Konsisten menerapkan nilai-nilai ESG, BRI berhasil meraih sejumlah penghargaan sepanjang 2020.

BACA JUGA: Melalui Berbagai Inisiatif, BRI Dorong Pemulihan Ekonomi UMKM

Mengutip Sustainability Report BRI 2020, Direktur Utama BRI Sunarso menjelaskan terhitung ada 17 penghargaan bergengsi dari dalam dan luar negeri yang diraih perseroan sepanjang 2020.

Penghargaan itu, lanjut dia, karena bank pelat merah itu dinilai berhasil menjaga komitmen penerapan kerja berbasis prinsip ESG.

BACA JUGA: BRI Beberkan Kunci Pemulihan Ekonomi, Sektor UMKM Jadi Prioritas

"Karena BRI juga mampu menjalani perannya sebagai lembaga keuangan untuk membentuk ekosistem keuangan berkelanjutan bagi masyarakat," kata dia dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu (3/4).

Dia membeberkan, beberapa apresiasi yang diterima BRI sepanjang tahun lalu terkait penerapan nilai-nilai ESG adalah penghargaan sebagai Best Issuer for Sustainable Finance dan Best Sustainability Bond dari The Asset Hongkong.

BACA JUGA: Pertimbangan BRI Bayarkan Deviden Rp 12 Triliun, Ternyata Begini...

Ada pula penghargaan Indonesia Digital Innovation Brand 2020 dari Warta Ekonomi, serta Innovative Company For Embracing Stratup Collaboration For Digital Ecosystem dari Digital Innovation Award 2020.

BRI juga masuk daftar Top 1000 World Banks: BRI ranked 1st in Indonesia rilisan The Banker. Tak hanya itu, perusahaan mendapat penghargaan sebagai BUMN Dengan Penerapan GCG Terbaik dari BUMN Track, dan Keterbukaan ESG Emiten Sektor Perbankan Terbaik serta Keterbukaan ESG Bank Kategori Buku IV Terbaik dari Beritasatu.

Pada penghujung tahun lalu, BRI kembali mendapat penghargaan sebagai Bank Pendukung UMKM Terbaik (Bank BUKU 3 & 4) dan Bank Pengelola Kas Titipan Terbaik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Terpencil (3T) dari Bank Indonesia, serta masuk dalam daftar Forbes Best of The Best 50 High Performing Public Listed Company yang diterbitkan Forbes Indonesia.

Bankir Senior itu juga mengatakan, di masa mendatang kondisi perekonomian diprediksi akan semakin dinamis.

BRI pun diyakini akan memperkuat landasan kinerja perusahaan dengan melaksanakan prinsip-prinsip keuangan berkelanjutan.

Sunarso mencontohkan salah satunya ialah sebagai ‘First Mover on Sustainable Finance’.

"BRI telah mengimplementasikan secara bertahap strategi keberlanjutan yang diharapkan dapat berdampak positif dalam mendorong percepatan implementasi keuangan berkelanjutan di Indonesia dan BRI akan fokus mewujudkan solusi keuangan yang terintegrasi kepada masyarakat” ujar Sunarso.

Selain itu, Sunarso menyebut, perseroan berperan aktif dalam mewujudkan bisnis yang berkelanjutan dengan mengintegrasikan aspek ESG, serta mengimplementasikan program-program Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan.

Hal ini sesuai dengan komitmen BRI dalam mengimplementasikan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 51/POJK.03/2017 Tentang Implementasi Keuangan Berkelanjutan pada Lembaga Jasa Keuangan, Emiten dan Perusahaan Publik.

Menurut dia, saat ini BRI berupaya mendukung pemangku kepentingan mewujudkan keberlanjutan.

"BRI melaksanakan aktivitas bank dengan berfokus pada pemulihan UMKM sebagai salah satu sektor yang paling terdampak," ujar Sunarso.

Dia menyebutkan, BRI berupaya mempercepat pemulihan ekonomi dengan menyalurkan dan restrukturisasi kredit yang menyasar segmen UMKM.

"BRI berkomitmen untuk berjuang bersama UMKM dengan inovasi pada ekosistem pasar serta ekosistem digital," kata Eks Dirut Pegadaian itu. (ikl/jpnn)


Redaktur & Reporter : Elvi Robia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler