Beri Kuliah Umum di Politeknik Ben Boi, Dirjen Askolani Bicara Peran Strategis Bea Cukai

Jumat, 04 November 2022 – 22:28 WIB
Dirjen Bea Cukai Askolani (lima dari kiri bagian depan) foto bersama dengan para mahasiswa, dosen dan pihak rektorat seusai memberikan kuliah umum di Politeknik Ben Mboi Universitas Pertahanan, Kamis (3/11). Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, BELU - Direktur Jenderal Bea Cukai Askolani memberikan kuliah umum pada mahasiswa Politeknik Ben Mboi Universitas Pertahanan, Belu, Nusa Tenggara Timur, pada Kamis (3/11).

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya Bea Cukai meningkatkan pengetahuan masyarakat, khususnya mahasiswa terkait ketentuan kepabeanan dan cukai.

BACA JUGA: Tekan Peredaran Rokok Ilegal, Bea Cukai Gelar Operasi di 3 Wilayah Ini

Dalam kuliah umum tersebut, Dirjen Askolani menjelaskan peran strategis Bea Cukai mendukung pemulihan ekonomi nasional (PEN), khususnya pada pelaku UMKM.

Dalam kesempatan yang sama, kuliah umum juga diisi Direktur Jenderal Anggaran Isa Rachmatarwata yang menyampaikan materi mengenai program percepatan PEN dan peran Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dalam pembangunan perbatasan.

BACA JUGA: UKM Sahabat Sandi Bandung Meriahkan Jabar Explore 2022

“Melalui kegiatan ini diharapkan para mahasiswa dapat memahami terkait tugas dan fungsi Bea Cukai," kata Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhana melalui keterangan yang diterima, Jumat (4/11).

Di Surabaya, Bea Cukai Tanjung Perak menerima kunjungan dari mahasiswa Universitas Kristen Petra, Rabu (2/11).

BACA JUGA: 4 Kantor Bea Cukai Terima Penghargaan Nagara Dana Abyakta Bidang Layanan

Dalam kegiatan bertajuk 'Campus goes to Customs' tersebut diikuti 75 mahasiswa beserta dosen pembimbing dari jurusan Akuntansi Perpajakan.

Dalam kesempatan itu, Bea Cukai Tanjung Perak memberikan edukasi terkait kepabeanan dan cukai.

“Selain pemaparan materi, mahasiswa juga diajak berkunjung ke tempat penimbunan sementara (TPS) di Pelabuhan Tanjung Perak untuk melihat langsung kegiatan Bea Cukai di lapangan,” imbuhnya.

Di Aceh, Bea Cukai Langsa diundang menjadi pemateri pada festival usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan talkshow kewirausahaan yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) Universitas Samudra Langsa yang dilaksanakan di Gedung Multiguna Universitas Samudra, Jumat (28/10) lalu.

Bea Cukai Langsa memaparkan materi tentang peran Bea Cukai dalam mendukung UMKM.

Hatta berharap melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa bisa menjadi Duta Bea Cukai yang mampu memberikan informasi kepada masyarakat. (mrk/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hasil Riset: Kampus Homogen Rawan Disusupi Radikalisme


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler