Berita Terbaru seputar Rumah Lalu Muhammad Zohri

Sabtu, 14 Juli 2018 – 09:10 WIB
Rumah orang tua Lalu Muhammad Zohri dan kamar tempat tidur Zohri di Dusun karang Pangsor, Desa Pemenang Barat, Kabupaten Lombok Utara, NTB. Foto: Harli/Lombok Post

jpnn.com, MATARAM - Kondisi rumah Lalu Muhammad Zohri langsung menjadi sorotan banyak pihak saat sprinter asal NTB usia 18 tahun itu menyabet gelar juara dunia.

Mulai dari Presiden Jokowi, sejumlah menteri, juga TNI serta pihak swasta, antusias untuk segera merenovasi rumah Lalu Zohri.

BACA JUGA: Puluhan Personel TNI di Rumah Lalu Muhammad Zohri, tapi...

Salah satu situs sedekah online yang berjudul ”Rumah Untuk Zohri” juga mengumpulkan dana guna membantu mempermak rumah yang berukur 7x4 meter itu. Tak tanggung-tanggung total anggaran yang dikumpulkan senilai 90 juta.

Ketua KONI NTB Andy Hadianto mengatakan, tidak ada persoalan bagi semua pejabat membantu memperbaiki rumah Zohri. Namun, bangunan itu harus tetap dengan bentuk bangunan aslinya.

BACA JUGA: Rumah di Bangsal Regency untuk Lalu Muhammad Zohri

”Bangunan rumah yang menggunakan kayu dan papan, jangan sampai diubah total menjadi tembok supaya bisa mempertahankan keaslian bangunan itu,” kata Andy kepada Lombok Post (Jawa Pos Group), Jumat (13/7).

BACA JUGA: Inilah Daftar Bonus untuk Lalu Muhammad Zohri

Itu akan menjadi bangunan bersejarah bagi Zohri dan keluarganya. Kayu yang lapuk itu harus diganti dengan yang baru. ”Kalau bangunan itu direnovasi total malah bukan jadi sejarah lagi,” kata dia.

Jika dipermak lebih indah, bangunan itu bisa menjadi tempat wisata sejarah bagi atlet ataupun wisatawan asing. Terlebih lagi, lokasinya sangat dekat dengan kawasan wisata di Gili Trawangan. ”Rumah Zohri bisa menjadi tempat untuk sport tourism,” ujarnya.

Jadi, atlet NTB itu bisa memetik pelajaran dan memotivasi diri dari kehidupan Zohri. Bahwa keterbatasan bukan menjadi alasan untuk bisa berprestasi. ”Asalkan, kita ingin sungguh-sungguh dan kerja keras tidak ada yang tidak mungkin,” ujarnya.

Andy langsung datang ke rumah Zohri dan meminta kepada kakak Zohri untuk mempertahankan bentuk bangunan. Supaya bisa dikenang Zohri. ”Saya lihat di dalam kamar tidak ada WC. Dibuatkanlah WC. Jadi, medali yang dimiliki Zohri itu bisa dipajang di rumahnya sendiri,” ucapnya.

BACA JUGA: Puluhan Personel TNI di Rumah Lalu Muhammad Zohri, tapi...

Andy mengapresiasi upaya pemerintah dan seluruh stakeholder yang ingin membangunkan rumah untuk Zohri. ”Rumah itu harus dibangun di luar lingkungan tersebut,” pintanya.

Kakak Zohri Fazilah mengatakan, dirinya belum memutuskan untuk merenovasi total rumah peninggalan orang tuanya. Dia masih menunggu keputusan Zohri. ”Belum ada kepastian. Nanti kita bicarakan terlebih dahulu dengan keluarga,” ujarnya singkat. (arl)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lalu Muhammad Zohri: Mau Banget, Ketemu Orang Besar


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler