Berita Terkini dari Pelatih Ganda Putri Soal Piala Sudirman 2021

Jumat, 17 September 2021 – 21:45 WIB
Trofi Piala Sudirman. Foto: BWF

jpnn.com, JAKARTA - Pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu dipastikan kurang fit menjelang tampil di ajang Piala Sudirman 2021.

Hal tersebut disampaikan Kepala pelatih ganda putri Eng Hian di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta Timur, Jumat (17/9) WIB.

BACA JUGA: Wujudkan Mimpinya, Begini Tekad Putri KW di Piala Sudirman 2021

Meski kurang fit, pelatih yang akrab disapa Didi itu tidak terlalu khawatir karena secara mental pasangan Greysia/Apri menunjukkan kesiapannya turun di ajang beregu campuran tersebut.

"Kalau untuk kesiapan di ganda putri, kita sudah siap untuk bertanding ke Piala Sudirman. Banyak pihak pasti menanyakan kondisi Greysia/Apri dan saya bisa sampaikan kalau mereka kondisinya secara mental sudah siap bertarung tapi secara fisik belum 100%."

BACA JUGA: Inilah Empat Pemain Muda dalam Skuad Indonesia di Piala Sudirman 2021

Setelah Olimpiade dan selesai karantina di Indonesia, menurut Eng Hian, acara apresiasi mereka memang banyak sehingga waktu untuk persiapan hanya sekitar tiga minggu.

"Saat ini secara fisik baru mencapai 70-80 persen tetapi kita harapkan seiring masih berjalannya waktu hingga menjelang pertandingan pertama di Finlandia, mereka bisa memaksimalkan jeda waktu untuk menaikkan kondisi," ungkap Eng Hian dalam rilis yang diterima jpnn.com dari PBSI.

BACA JUGA: PBSI Umumkan Skuad Indonesia di Piala Sudirman 2021, Cek di Sini

Didi juga menjelaskan Greysia sempat meminta izin untuk berkumpul bersama keluarga sehingga waktu persiapan menjadi lebih pendek.

"Saya tidak berani lagi untuk memaksa Greys menjalani persiapan yang padat dengan kondisi dia yang notabene sudah banyak mengorbankan waktu dengan keluarga dan suaminya untuk fokus ke Olimpiade lalu." 

"Kemarin, ia sempat izin beberapa hari untuk berkumpul bersama keluarga lalu kita berikan supaya nanti di Piala Sudirman secara mental Greys lebih siap dan lebih lepas," tutur Didi.

Tidak fitnya Greysia/Apriyani membuat Didi fokus mempersiapkan pasangan ganda putri kedua Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto.

Menurut Didi, pasangan Fadia/Ribka saat ini tengah menunjukkan perkembangan yang positif. Saat ini dirinya tengah memoles fisik menjelang tampil di Piala Sudirman 2021.

"Di Piala Sudirman ini, saya lebih fokus mempersiapkan Fadia/Ribka untuk bisa diberikan tanggung jawab, memikul tanggung jawab. Kalau dibilang belum siap, di atas kertas memang belum siap tapi kalau saya melihat kesiapan mereka dari latihan itu sudah cukup bagus. Jadi, nanti kita lihat kondisinya, Greys/Apri akan lebih diutamakan tapi kalau memang memungkinkan saya akan memaksimalkan Fadia/Ribka."

"Selama ini kekurangan Fadia/Ribka adalah di daya tahan untuk bermain dengan durasi yang agak lama. Memang dari pola permainan kita ubah, mungkin akan lebih lambat tapi dari sisi kebutuhan untuk fisik dan stamina sudah banyak kemajuan. Tetapi kembali lagi, kalau hanya latihan tanpa dicoba di pertandingan tidak akan kelihatan. Nanti kita coba uji di pertandingan," ungkap Didi

Gelaran Piala Sudirman 2021 rencananya digelar pada 26 September hingga 3 Oktober di Finlandia. Skuad Merah-Putih dijadwalkan akan melakoni laga pertama kontra Rusia pada 26 September.(pbsi/mcr16/jpnn)


Redaktur : Friederich
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler