Berkah Ramadan, Pedagang Musiman Bermunculan

Minggu, 29 Juni 2014 – 18:37 WIB

jpnn.com - DEPOK--Ramadan selalu memberikan berkah bagi umat. Lihat saja di kampung-kampung maupun pinggiran jalan. Setiap Ramadan tiba, banyak bermunculan pedagang musiman.

 

Mereka rata-rata menjajakan penganan untuk berbuka puasa dengan aneka ragam. Seperti yang terpantau di kawasan Masjid Kubah Emas, Depok.

BACA JUGA: KPK Ditantang Usut Indikasi Korupsi APBD DKI

Tempat wisata religi ini, sejak lepas dhuhur mulai ramai didatangi pedagang musiman. Maklum saja, setiap Ramadan, masjid yang terkenal dengan keindahan arsiteknya ini ramai dikunjungi masyarakat.

BACA JUGA: Jelang Ramadan, 16 Ribu Miras Dimusnahkan

"Ini saya jualan kolak sama sop buah untuk ta'jil nanti," kata Warsiyem, salah satu pedagang yang tengah membenahi tempat dagangannya, Minggu (29/6).

Perempuan berjilbab dan berperawakan gemuk ini mengaku sengaja siang-siang sudah ke kawasan masjid agar dagangannya bisa laku. "Ya kita main cepat aja, kan yang jualan seperti saya banyak," ujarnya.

BACA JUGA: Puasa, Distribusi Air Bersih Dipercepat

Agar kolak dan sop buahnya tetap segar dicicipi pengunjung, Warsiyem sengaja memberikan tambahan es batu di kantong plastik. "Kalau dimasukin ke sop buah dan kolak esnya jadi encer, rasa manisnya juga berkurang. Jadi bagi yang beli saya tambahin es batu biar rasanya tetap enak dan segar," terangnya.

Warsiyem mengaku jualan kolak dan sop buah hanya saat Ramadhan saja. Biasanya Warsiyem jualan jamu gendong.

Sama halnya dengan Sutinah. Tukang urut panggilan ini, sengaja berdagang di Bulan Ramadhan karena ikutan teman kontrakannya. Agar beda dengan lainnya, Sutinah menjual kue lopis.

Kue yang terbuat dari beras ketan yang ditaburi kelapa dan gula merah ini memang enak dikonsumsi saat buka. Wajar saja, dagangan Sutinah langsung dikerumuni pembeli.

"Kalau bukan Ramadhan, jarang dapat kue lopis, makanya saya ambilnya agak banyak," ungkap Gita, seorang pembeli. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 350 PNS Bersihkan Monas


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler