Berkas Calon Sekda Riau Tak Kunjung Diproses

Kemendagri Diminta Transparan

Senin, 10 Juni 2013 – 07:58 WIB
JAKARTA  - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi diminta menjelaskan ke publik secara transparan terkait proses calon Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau yang hingga kini tak kunjung ditetapkan.

Padahal Gubernur Riau HM Rusli Zainal sudah mengajukan tiga calon Sekdaprov Riau pada akhir tahun 2012 lalu ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).
Ketiga nama yang telah mengikuti fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan di Kemendagri) yaitu, Syamsurizal (Kepala Inspektorat), Ramli Walid (Kepala Bappeda) dan Zaini Ismail (Kepala BKD Provinsi Riau).

"Mendagri mestinya membuka kepada publik kenapa Sekda Riau yang sudah lama diajukan Gubernur Riau belum ditetapkan. Jika diproses lantaran persyaratan calon yang diajukan terpuhi, sampaikan sudah sejauh mana. Begitu juga sebaliknya, ternyata hasil verifikasi dari pusat menyatakan nama tersebut tidak memenuhi dan Gubernur diminta mengajukan kembali atau adanya persoalan lain diluar itu, juga harus disampaikan. Jangan terkesan pengangkatan Sekdaprov digantung-gantung yang justru saling menduga-duga, sementara pelayanan publik di Riau harus terus berjalan dengan efektif," ujar Wakil Ketua Komisi II DPR Abdul Hakam Naja seperti diberitakan Riau Pos (JPNN grup), Senin (10/6).

Menurut dia, status hukum Gubernur Riau HM Rusli Zainal yang sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak ada kaitannya atau dijadikan alasan lamanya proses penetapan Sekdaprov defenitif di luar waktu yang biasa diperlukan.

Sebab posisi Sekda merupakan jabatan strategis yang tak boleh kosong, apalagi sudah berlangsung lama yang tentunya akan berdampak besar bagi roda pemerintahan daerah terutama terkait penggunaaan anggaran keuangan daerah.

"Jadi saya kira Sekdaprov Riau harus segera ditetapkan, sehingga program pembangunan di sana (Riau) tidak terganggu," pinta politisi dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) itu.(yud/fuz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Medan Dikalahkan Kota Surabaya

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler