Berkas Dua Tersangka Buol Sudah Rampung

Rabu, 15 Agustus 2012 – 11:24 WIB
JAKARTA - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah merampungkan berkas dua tersangka dugaan penyuapan Bupati Buol, Sulawesi Tengah senilai Rp3 miliar. Rencananya hari ini berkas dan kedua tersangka akan dilakukan pelimpahan tahap dua (P21) di gedung KPK.

Kedua tersangka itu adalah Manajer PT Hardaya Inti Plantations (HIP), Yani Anshori (YA) dan Gondo Sudjono selaku Direktur PT HIP.

"Hari ini direncana penyerahan tahap 2 (p 21) atas nama tersangka GS dan YA, terkait kasus dugaan suap ke Bupati Buol," kata Juru Bicara KPK, Johan Budi kepada JPNN, Rabu (15/8).

Sebelumnya, Yani Anshori ditangkap KPK usai menyerahkan uang miliaran rupiah kepada Bupati Buol, Amran Batalipu, tanggal 26 Juni lalu di Buol. Sedangkan Gondo ditangkap di Bandara Soekarno-Hatta sepulang dari Buol.

Kasus dugaan suap kepada Bupati Buol ini diduga berkaitan dengan pengurusan Hak Guna Usaha (HGU), dua perusahaan perkebunan kelapa sawit milik Siti Hartati Murdaya, yakni PT HIP dan PT CCM.

Dalam kasus ini KPK telah menjerat empat tersangka, di antaranya Yani Anshori dan Gondo Sudjono, kemudian Bupati Buol, Amran Batalipu dan terakhir pemilik PT HIP dan PT CCM, Siti Hartati Murdaya.

Namun untuk tersangka terakhir belum ditahan oleh penyidik KPK. karena mantan anggota Dewan Pembina (Wabin) Partai Demokrat ini belum menjalani pemeriksaan sebagai tersangka.

Sebelumnya Johan juga mengatakan bahwa pemeriksaan terhadap Hartati akan dilakukan usai lebaran Idul Fitri nanti. Apakah nanti akan langsung ditahan atau tidak, Jubir KPK itu belum menjelaskan karena itu kewenangan penyidik.(fat/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... 8 Tahun, KY Terima 6.643 Laporan Pengaduan

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler