Berkat Finansial KoinP2P, Usaha Konveksi Gage Nusa Perkasa Terus Berkembang

Kamis, 25 Juli 2024 – 03:31 WIB
Perusahaan mendapatkan pendanaan (Ilustrasi). Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - KoinP2P yang bekerja sama dengan KoinWorks sebagai platform penyedia produk pinjaman bagi UMKM berkomitmen memastikan kontribusi terhadap inklusi keuangan dan dampak positif pada seluruh pengguna dan masyarakat luas.

KoinP2P menyuarakan komitmennya dengan berbagi kisah inspiratif dari salah satu UMKM peminjamnya.

BACA JUGA: KoinWorks Luncurkan Impact Report 2023

CV Gage Nusa Perkasa, salah satu peminjam KoinP2P yang bergerak di bidang konveksi kain dan pakaian telah mencatatkan perkembangan yang membanggakan dalam beberapa tahun terakhir.

Cerita ini secara spesifik menyoroti dampak KoinP2P dalam mendukung pertumbuhan dan penciptaan lapangan kerja melalui pembiayaan di tingkat ekosistem.

BACA JUGA: SIG Raih Penghargaan The Most Extraordinary Women Business Leaders 2024

Winarno, pemilik CV Gage Nusa Perkasa, telah menekuni dunia konveksi sejak lulus dari bangku SMA pada 2008, setelah merantau ke Jakarta, dan kemudian memberanikan diri untuk membuka usaha pada 2012.

Dengan tekadnya yang kuat, Winarno memulai usaha dari awal dengan belajar mengenai berbagai jenis kain dan menawarkan bahan pakaian ke pasar.

BACA JUGA: Pupuk Indonesia Tetap Salurkan Pupuk Bersubsidi Meski Kontrak Belum Diperpanjang

Meski menghadapi beberapa tantangan, termasuk saat menawarkan kain di pasar Tanah Abang, kerja kerasnya mulai membuahkan hasil.

“Kalau kami sudah bisa diterima di lapangan dan dibenak customer, orang akan mencari kami,” ujar Winarno.

Pada 2020, Winarno dikenalkan dengan KoinP2P oleh Wifkain, salah satu mitra KoinP2P yang bergerak di bidang tekstil.

Sejak itu, dia memanfaatkan pendanaan dari KoinP2P melalui Wifkain untuk berbelanja perlengkapan dan untuk operasional usaha.

“Dengan modal dan daya beli yang lebih besar, usaha konveksi ini tidak hanya bertahan, tapi berkembang pesat. Berkat pinjaman ini, peningkatan produksi kami hampir 300% dari sebelumnya, dan membuat kami bisa menerima pesanan dari lebih banyak brand," ungkap Winarno.

Selaras dengan misi KoinWorks untuk mengembangkan UMKM di level ekosistem, fasilitas pendanaan melalui mitra strategis KoinWorks memungkinkan UMKM untuk lebih berdaya dengan adanya fleksibilitas dalam mengelola arus kas mereka secara efektif.

Hal ini tidak hanya meningkatkan likuiditas UMKM tetapi juga memperkuat koneksi bisnis dalam ekosistem pasar yang lebih luas, seperti menambah pelanggan dan mitra untuk bisnis mereka.

Di samping peningkatan kapasitas usaha, dampak positif pendanaan dari KoinP2P terlihat jelas dalam peningkatan jumlah karyawan di CV Gage Nusa Perkasa.

Pada 2020, jumlah karyawan pada usaha ini tercatat sebanyak 30 orang, dan empat tahun kemudian meningkat jadi 100 karyawan yang bekerja sebagai pemotong kain, penjahit, dan petugas di bagian penjualan. Usaha ini pun semakin stabil dengan berpindahnya lokasi usaha ke sebuah ruko setelah mendapat pendanaan.

Pertumbuhan ini menunjukkan bagaimana akses keuangan dapat menciptakan lebih banyak lapangan kerja, yang merupakan salah satu hasil utama Impact Report 2023 “Leveling Up the MSME Ecosystem.”

Cerita usaha Winarno merupakan bukti nyata dari komitmen KoinWorks dalam pembiayaan berkelanjutan dan pengembangan UMKM di seluruh Indonesia.

Sektor konveksi memainkan peran penting dalam ekonomi Indonesia dengan menyediakan lapangan kerja yang luas, meningkatkan pendapatan rumah tangga, dan mendukung pengembangan infrastruktur dan industri, yang pada gilirannya mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Dengan menyediakan akses pendanaan yang inklusif, KoinWorks membantu UMKM mengatasi tantangan, meningkatkan produktivitas, dan menciptakan lebih banyak lapangan kerja.(chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 5 Tips Strength Training Agar Performa Lari Lebih Maksimal


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
KoinWorks   UMKM   pendanaan   Finansial  

Terpopuler