Berkunjung ke Cianjur, Gus Ami Minta Perhatikan Sektor Pertanian dan Kiai Kampung

Rabu, 11 November 2020 – 23:19 WIB
Gus Ami saat berkunjung ke Cianjur. Foto: dok. DPR

jpnn.com, CIANJUR - Kabupaten Cianjur adalah salah satu pusat pertumbuhan sosial-ekonomi di Jawa Barat. Untuk itu percepatan pembangunan infrastruktur bagi akselerasi ekonomi, distribusi hasil pertanian & fasilitas pedesaan masyarakat harus segera dirampungkan.

Hal ini menjadi salah satu atensi yang disampaikan oleh Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar saat menghadiri pertemuan dengan masyarakat Kabupaten Cianjur hari ini (11/11) di Hotel Ayola Cipanas.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Prediksi Mahfud MD soal Rizieq Meleset, Ruhut Khawatir, PPPK Sedih Massal

"Kabupaten Cianjur memiliki banyak potensi strategis, baik sumber daya alam, pertanian, pariwisata, dan jasa serta lainnya, ini harus dimaksimalkan, salah satu nya dengan kesiapan
infrastruktur," kata Gus AMI sapaan akrab Muhaimin.

Pertemuan silaturahmi Gus AMI di Cianjur dilakukan dengan berbagai segmen, mencakup guru atau para Asatidz, komunitas pemuda, petani, UMKM dan kaum perempuan.

BACA JUGA: Muhaimin Ajak Pemimpin Dunia Bikin Langkah Strategis Tanggulangi Kemiskinan Akibat Pandemi

Secara lebih spesifik, Wakil Ketua DPR ini juga menyarankan pentingnya mensinergikan seluruh kekuatan Cianjur, mulai pelaku UMKM, para pemuda, para guru mengaji, serta ekonomi
rumah tangga yang menjadi penyangga kokohnya ekonomi.

"Sebagai daerah yang mayoritas penduduknya bekerja di sektor pertanian, pertanian cianjur harus benar-benar mendapat perhatian pemerintah daerah melalui bergai kebijakan pemda," tegas Gus Ami.

BACA JUGA: Begini Pesan Gus AMI untuk Membendung Gelombang PHK di Masa Pandemi

Begitu juga sektor perdagangan, terutama yang didominasi oleh pelaku UMKM makanan.

"Cianjur ini adalah salah tujuan wisata, maka para pelaku usaha harus didorong untuk terus berkembang sehingga mampu menjadi penopang ekonomi Cianjur. Pemerintah daerah harus
hadir untuk secara bersama-sama menumbuhkan kegiatan UMKM semakin bergairah," lanjut Muhaimin.

Karenanya Gus Ami dalam kesempatan dialog dengan masyarakat Cianjur ini meluncurkan kartu kesejahteraan untuk petani dan pelaku usaha sebagai komitmen menyejahterakan
masyarakat Cianjur.

Secara khusus Gus ami juga memberi penekanan khusus sektor pertanian dan UMKM. Penekan dua sektor ini menurut Cucu KH Bisri Syamsuri ini adalah keniscayaan. Mengapa?

Pada kuartal III ini sektor pertanian bahkan telah tumbuh positif 2,5 persen di saat sektor lainnya tumbuh negatif.

Begitu juga UMKM, perlahan lahan mulai bangkit. "Di Jawa Tengah malah saat ini ekspor produk-produl UMKM mulai tumbuh positif kembali, dan bisa mengekspor ke berbagai negara," tutur Muhaimin.

Karena itu, sambungnya, saatnya semua bersinergi agar bisa melewati masa masa sulit ini.

Dia mengatakan, Cianjur harus menjadi contoh bagaimana ketika semua bersinergi akan menjadi kekuatan yang dahsyat bagi kemajuan bangsa.

"Sebagai kota santri, peran santri dan kiai sangat vital dalam turut serta memajukan Cianjur agar lebih sejahtera," pungkasnya. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler