Berlagak Jadi Polisi, Perampok Gondol Rokok Senilai Rp 500 Juta

Minggu, 01 November 2015 – 08:47 WIB
Ilustrasi.

jpnn.com - SIDOARJO - Penjahat jalanan kembali beraksi. Kali ini yang menjadi korban adalah truk kontainer bermuatan rokok. Berangkat dari Pandaan, Pasuruan, truk itu dibajak dibajak di Porong, Sidoarjo. Setelah dikuras isinya, truk yang sudah kosong ditemukan di Margomulyo, Surabaya. Kerugiannya diperkirakan mencapai Rp 500 juta.

Kendaraan yang mengangkut ratusan kardus rokok produksi PT Gudang Garam tersebut dikemudikan Heri Susilo. 

BACA JUGA: Kecanduan Game di Warnet, Nekat Menjambret

Kasatreskrim Polres Sidoarjo AKP Ayub Diponegoro Azhar menjelaskan, truk dihentikan di tol Porong oleh pengemudi Toyota Avanza sekitar pukul 14.00 pada Jumat (30/10).

Berdasar keterangan Heri, penumpang mobil yang berjumlah enam orang turun. Mereka memaksa sopir truk untuk turun. Para penumpang tersebut mengaku sebagai polisi dan menuduh sopir telah memuat barang curian.

BACA JUGA: Suami Ceburkan Istri ke Sumur, Kini Diburu

Sempat berdebat, korban kalah jumlah. ''Salah satu di antara mereka berpakaian seperti polisi. Celana cokelat dan memakai rompi berwarna hijau,'' ujar Ayub.

Salah satu penumpang Avanza kemudian mengambil alih kemudi truk dan meninggalkan sopir di tengah jalan. Korban lantas melaporkan kejadian yang dialami ke Mapolsek Tanggulangin. 

BACA JUGA: Rawan Banget! Hanya Satu Malam, 3 Traktor Hilang

Setelah diperiksa, laporan itu lalu dilimpahkan ke bagian Satreskrim Polres Sidoarjo. Anggota Satreskrim Polres Sidoarjo yang menerima laporan itu pun bergerak cepat.

Bersama korban, petugas berupaya melakukan pencarian. Keberadaan truk akhirnya dapat terlacak melalui GPS (global positioning system) truk. Tetapi, pukul 15.30 pencarian terhenti karena sinyal GPS menghilang. Ketika sinyal GPS hilang, posisi truk berada di Margomulyo, Surabaya.

Polisi kemudian meneruskan pencarian dan penyisiran di wilayah itu. Truk berhasil ditemukan di salah satu gudang kompleks pergudangan Margomulyo Permai. 

Polsek Asemrowo mendapatkan informasi keberadaan truk yang dibajak kemarin siang (31/10), tepatnya pukul 12.00. 

''Kami dapat laporan dari pihak keamanan kompleks Pergudangan Margomulyo Permai,'' ucap Kapolsek Asemrowo Kompol Anton Prasetyo kepada Jawa Pos.

Petugas langsung meluncur ke tempat penemuan truk sambil berkoordinasi dengan Satreskrim Polres Sidoarjo yang menangani kasus tersebut. 

Sesampai di lokasi, petugas mendapati truk yang sudah tidak berpenumpang dan isi di dalam boks kontainernya kosong. Menurut Anton, dirinya tidak berani berspekulasi mengenai cara para pembajak tersebut saat menguras isi kontainer.

''Apakah itu diturunkan semua di sini atau di tempat lain. Semua butuh proses penyidikan dari Satreskrim Polres Sidoarjo,'' jelasnya. 

Berdasar keterangan Heri, kerugian akibat kejadian tersebut mencapai lebih dari setengah miliar rupiah. Dalam kontainer yang diangkut, terdapat 350 kardus besar rokok. Setiap kardus setidaknya bernilai Rp 1,5 juta. Artinya, total kerugiannya mencapai Rp 525 juta atau lebih dari setengah miliar.

Truk trailer berkepala hijau dan memiliki boks biru itu langsung dibawa petugas ke Polres Sidoarjo agar mendapat petunjuk yang mengarah kepada para pembajak. Petugas juga akan memeriksa jalur lintasan truk tersebut dan closed circuit television (CCTV) di komplek pergudangan.

''JIka dibutuhkan, kami siap membantu Polres Sidoarjo untuk mengungkap kasus ini,'' tegas Anton. (edi/all/c15/ady)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Videokan Kemaluan ABG yang Baru Pulang Dari Salat di Masjid


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler