Berlayar Lawan Narkoba

Senin, 24 September 2012 – 16:04 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Malarangeng saat diwawancarai di sela-sela penyambutan KRI Surabaya 591 di Dermaga Komando Lintas Laut Militer, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (24/9). Foto: Getty Images
JAKARTA - Satuan Tugas Pelayaran Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda Bahari (LNRPB) / Kapal Pemuda Nusantara (KPN) yang berpartisipasi dalam Sail Morotai 2012. Mereka berlayar selama 28 hari di laut dengan Kapal KRI Surabaya 591.

Pelayaran yang terbilang istimewa ini mengikutsertakan 500 pemuda yang berasal dari latar belakang organisasi di seluruh Indonesia. Ada pelajar, mahasiswa, organisasi kepemudaan, pramuka, pondok pesantren, karang taruna, pemuda perwakilan Kementerian, serta dua orang perwakilan dari Thailand serta satu orang dari Philipina.

Rute yang ditempuh adalah Jakarta - Ambon - Sorong - Raja Ampat - Ternate - Morotai, Makassar dan kembali ke Jakarta. Di tiap daerah yang disinggahi, peserta melakukan berbagai kegiatan  seperti bakti sosial, tanam pohon dan home stay. 

Senin (24/9), pelayaran mereka berakhir dan berlabuh di Dermaga Komando Lintas Laut Militer, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Malarangeng menyambut kehadiran para pemuda itu.

“Ini program untuk mengenalkan cinta kebaharian dan memperkenalkan wilayah laut indonesia dan pulau-pulau yang berada di garis terdepan, mudah-mudahan dengan ini mereka bisa mencintai dunia kebaharian,” katanya di sela-sela acara penyambutan.
 
Selama berlayar, beberapa aspek yang diperkenalkan adalah potensi kekayaan laut, matra laut sebagai media penghubung dan komunikasi, industri jasa dan maritim, ceramah, diskusi, workshop, praktek lapangan dengan materi pembentukan karakter muda, wawasan kebangsaan, cinta tanah air, kepemimpinan, dan melakukan kunjungan ke Pemda, perguruan tinggi dan sentra industri yang ada didaerah setempat.
 
Dalam pelayaran tersebut para peserta juga mendapatkan Seminar Motivasi dari Gerakan Nurani Nusantara (GANN) yang dibawakan oleh Ketua Bidang Humas GANN, Varhan Abdul Azis dengan tema “Hidup Positif Bermakna Untuk Sesama Tanpa Narkoba”.

Seusai upacara penyambutan, Menpora Andi Malalanggreng mengungkapkan apresiasinya kepada Ketua Umum GANN, M. Fariza Y. Irawady yang turut menyambut tibanya para pemuda tersebut. “Kegiatan pelatihan anti narkoba yang dilakukan GANN diatas kapal ini sangat positif,” ujarnya.
 
Sementara itu Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora Alfitra Salam juga mengungkapkan apresiasinya terhadap pelatihan-pelatihan motivasi anti narkoba yang dilakukan oleh GANN. Bahkan lebih jauh ia berharap GANN bersama Kemenpora membentuk Satgas Pemuda Anti Narkoba di kampus-kampus, lingkungan rumah, RT, RW.

“Kami berharap GANN dapat menjadi garda terdepan untuk membentuk pemuda berkarakter yang mampu membentengi dirinya dari bahaya narkoba, juga dapat dapat bermitra denganpemerintahan untuk membuat suatu program yang lebih komperehensif,” ujarnya.
 
M Fariza Y Irawady menyatakan siap mendukung Kemenpora dengan memberikan pelatihan-pelatihan yang memberikan keyakinan dan motivasi yang kuat bagi para pemuda untuk hidup positif dan bermakna untuk sesama tanpa narkoba.

"Pelatihan GANN akan membentuk bukan saja peserta yang memiliki motivasi anti narkoba tetapi juga siap menjadi peer educator (pendidik sebaya) yang akan melatih, membimbing, dan membina teman-teman sebayanya untuk memiliki semangat yang sama,” ucapnya.
 
Sementara itu, Komandan Satgas LNRPB Kolonel Laut (P) Weddy W mengungkapkan gerakan semacam ini harus menyebar sampai ke tiap daerah, karena narkoba tidak hanya dikota besar, tapi sampai didesa, bahkan sampai anak sd. “Sangat penting gerakan seperti ini, karena narkoba sudah masuk ke segala arah, sehingga memang perlu dicegah, jangan sampai calon pemimpin bangsa terlibat penggunaan narkoba,” Ujarnya.
 
Agus Komarudin salah seorang Kepala Bidang pada Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora yang terus mendampingi selama pelayaran dan juga mengikuti seminar motivasi anti narkoba oleh GANN menyatakan bahwa metoda yang dilakukan oleh GANN sangat positif, karena polanya menyentuh hati untuk mensyukuri nikmat Tuhan,” ujarnya
 
Gerakan Nurani Nusantara adalah sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat yang program utamanya memberikan pembekalan motivasi dengan tema “Hidup Positif Bermakna Untuk Sesama Tanpa Narkoba”. Hingga saat ini GANN yang telah menjadi jejaring resmi Badan Narkotika Nasional (BNN) telah melakukan lebih dari 55 pembekalan dengan peserta sebanyak 9 ribu orang yang dilakukan di kampus-kampus, sekolah, majelis taklim, dan organisasi kepemudaan. (awa/jpnn)
 
BACA ARTIKEL LAINNYA... DPR Sarankan Bea dan Cukai Tambah Alat Deteksi Narkoba

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler